visitaaponce.com

Sebelum Lebaran Tol Pekanbaru-Dumai akan Terapkan Tarif Baru, Ini Harga Barunya

Sebelum Lebaran Tol Pekanbaru-Dumai akan Terapkan Tarif Baru, Ini Harga Barunya
Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai.(Dok. MI)

TARIF baru Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) akan mulai diberlakukan bagi pemudik yang melewati jalan tol tersebut pada sebelum hari raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran nanti. Saat ini pihak operator jalan tol masih melakukan sosialisasi untuk penerapan berlakunya tarif baru tersebut.

"Tarif baru tol Permai kemungkinan akan berlaku sebelum Idul Fitri nanti. Saat ini penyesuaian tarif masih terus disosialisasikan," kata Branch Manager Tol Permai Hutama Karya (HK) Jarot Seno Wibawa, Kamis (7/3)

Ia menjelaskan, sejauh ini sosialisasi untuk tarif baru tol Permai sudah disampaikan dalam berbagai kegiatan. Seperti dalam forum group discussion (FGD) ataupun diskusi publik.

Baca juga : Hutama Karya: Tarif 4 Ruas Tol Trans-Sumatra Naik Tahun Ini

"Sosialisasi masih terus dilakukan. Tapi untuk persetujuan tunggu dari kementerian. Kita lihat nanti, kemungkinan Idul Fitri nanti sudah tarif baru," jelasnya.

Ia mengungkapkan, apabila mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 415/2024 tentang penyesuaian tarif tol pada ruas Tol Permai yang ditandatangani Menteri Basuki Hadimuljono pada 19 Februari 2024, disebutkan untuk kendaraan golongan I dari Pekanbaru menuju Dumai atau sebaliknya sebesar Rp171.500.

Kendaraan masuk jenis golongan I umumnya adalah kendaraan pribadi, termasuk kendaraan pick up, truk kecil, dan bus. Kemudian untuk kendaraan Golongan II sebesar Rp257.000, seperti truk dengan dua gandar.

Baca juga : Cek Tarif Tol Jakarta-Bandung Sebelum Mudik, Ini Daftarnya

Golongan III Rp257.000, seperti truk dengan dua gandar. Sementara untuk golongan IV dan V Rp343 ribu penyesuaian tarif disamakan. Jenis kendaraannya truk dengan 3 gandar dan empat gandar.

"Memang Kepmen sudah keluar, berdasarkan aturan sudah bisa berlaku paling cepat 14 hari pasca dikeluarkan. Tapi tentu persetujuan tetap menunggu dari kementerian terkait," imbuhnya.

Ia menambahkan, sebagai bentuk pelayanan PT Hutama Karya (HK) selaku pihak pengelola ruas tol Permai, telah menargetkan empat rest area permanen di jalan tol akan mulai dibuka saat mudik lebaran atau Idul Fitri 1445 H nanti.

Baca juga : Kenaikan Tarif Jalan Tol Japek dan MBZ Menuai Protes Netizen

Dikatakannya, keberadaan rest area dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada pengendara yang akan memanfaatkan tempat itu sebagai lokasi peristirahatan.

"Dua rest area itu berada di sisi arah Dumai. Begitu juga sebaliknya dari arah Pekanbaru," pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat