visitaaponce.com

Volume Sampah yang Dibuang di TPA Piyungan Meningkat

Volume Sampah yang Dibuang di TPA Piyungan Meningkat
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek zona transisi II Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul(Antara)

SEPANJANG libur lebaran, volume sampah yang dibuang ke TPA Piyungan capai 350 ton sehari. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut, peningkatan sampah mencapai 65 ton saat libur Lebaran.

Kepala DLHK DIY, Kusno Wibowo menyebut, angka tersebut merupakan volume sampah yang dibuang dari tiga daerah, yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta. Sementara itu, dua daerah yang lain, yaitu Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Gunungkidul masing-masing masing memiliki tempat pembuangan akhir sendiri.

"Akumulasi selama liburan sampai pasca-Lebaran persis sekitar 65 ton," jelas dia. 

Menurut dia, masing-masing kabupaten dan Kota sudah berupaya mengelola dan mengolah sampah mereka sehingga sampah yang dibuang ke TPA Piyungan tidak naik secara signifikan walau jumlah pemudik dan wisatawan yang masuk DIY sangat tinggi.

Ia menyampaikan, TPA Piyungan sempat ditutup beberapa hari karena masih ada penataan dan akan kembali beroperasi Jumat (19/4). Bahkan hingga 30 April 2024, TPA Piyungan akan dibuka hanya 5 hari saja, sedangkan sisanya untuk penataan. (AT/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat