visitaaponce.com

Tekan Stunting Kalsel Galakkan Program Bapak-Bunda Asuh Anak Stunting

Tekan Stunting Kalsel Galakkan Program Bapak-Bunda Asuh Anak Stunting
Pemprov Kalsel berusaha mengatasi tingginya angka stunting dengan melibatkan masyarakat dalam Program Bapak-Bunda Asuh Anak Stunting(Antara)

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya menekan tingginya angka stunting (tengkes) di wilayah tersebut melalui berbagai program. Di antaranya keterlibatan masyarakat dalam program Bapak-Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS).

Program BAAS ini merupakan program BKKBN berkolaborasi dengan pemerintah daerah dengan partisipasi seluruh masyarakat (swasta) sebagai rasa kepedulian dalam rangka menurunkan angka stunting. Terkait hal ini telah digelar Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalsel tahun 2024 di Banjarmasin, Kamis (18/4).

Kegiatan Rakerda dirangkai dengan pengukuhan BAAS Kalsel serta penandatanganan MoU dan perjanjian kerja BKKBN Kalsel bersama mitra/stakeholder, dan penyerahan secara simbolis dana alokasi khusus kepada bupati/wali kota se-Kalsel. Adapula penyerahan penghargaan bagi Pemprov Kalsel kategori Mitra Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting 2023

Baca juga : Bali Raih Prevalensi Stunting Terendah se-Indonesia

"Kita berharap seluruh elemen masyarakat saling kolaborasi untuk percepatan penurunan stunting di Kalsel," ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Jumat (19/4). 

Pemerintah pusat menargetkan angka stunting berada di angka 14% pada 2024.

Angka stunting di Kalsel masih tinggi. Berdasarkan data SSGI tahun 2021, prevalensi stunting di Kalsel sebesar 30 persen, kemudian turun menjadi 24,6 persen pada 2022. Menurut Roy, upaya menekan angka stunting ini penting bagi desain masa depan bangsa Indonesia yang akan memasuki fase puncak bonus demografi pada 2035-2045.

Kepala BKKBN Pusat, Hasto Wardoyo mengatakan keuntungan dari bonus demografi, baru bisa dirasakan ketika kualitas SDM meningkat. Di mana keluarga, merupakan pintu utama untuk meningkatkan kualitas SDM. (Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat