visitaaponce.com

Gunung Werung di Lembata Alami 43 Gempa Tektonik

Gunung Werung di Lembata Alami 43 Gempa Tektonik
Sebanyak 43 gempa terjadi di Gunung Werung di Lembata, NTT, dalam satu pekan terakhir.(PVMBG)

GUNUNG Werung di Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) satu pekan terakhhir mengalami 43 gempa, terdiri dari 40 kali gempa tektonik jauh dan tiga kali gempa lokal.

Sesuai laporan Pos Pengamatan Gunung Werung, dua kali gempa di antaranya terasa dengan amplitude 32-33 millimeter, durasi 131-340 detik dan skala 1 MMI. Gunung ini dilaporkan terakhir erupsi pada November 2021.

Meskipun aktivitas kegempaan mengalami peningkatan, gunung setinggi 1.018 meter di atas permukaan laut ini masih berstatus normal atau level 1.

Baca juga : 2 Gempa Guncang Malaka, Tidak Ada Kerusakan Bangunan

Petugas Pos Pengamatan Gunung Werung, Fransiskus Boli Roma minta masyarakat dan pengunjung tidak mendekat ke gunung atau bermalam di sekitar kawasan gunung tersebut.

"Masyarakat dan nelayan tidak mendekati lokasi bualan Gunung Hobal (gunung bawah laut," ujarnya seperti dikutip dari laporan aktivitas Gunung Werung, Minggu (12/5). Gunung Hobal dekat dengan Gunung Werung, namun berada di laut.

Adapun Gunung Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lemata, masih berstatus siaga atau level. Antara pukul 06.00-12.00 Wita, Minggu (12/5) tercatat 85 kali gempa hembusan, tiga kali gempa tremor non-harmonic, dan kali gempa vulkanik dalam.

Baca juga : Getaran Gempa Kupang Dirasakan Hingga Pulau Rote

Pada Sabtu (11/5), pukul 00.00-24.00 Wita, tercatat 353 gempa hembusan,13 kali gempa tremor non harmonic an satu kali gempa vulkanik dalam.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotolok,Fajaruddin Balido mengatakan, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dengan tinggi 50-300 meter di atas kawah.

Masyarakat yang bermukim di kaki gunung diminta tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius dua kilometer dari pusat  aktivitas gunung, terutammasyarakat Desa Lamatokan, dan Desa Jontona di  Kecamatan Ile Ape Timur. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat