visitaaponce.com

2 Gempa Guncang Malaka, Tidak Ada Kerusakan Bangunan

2 Gempa Guncang Malaka, Tidak Ada Kerusakan Bangunan
Dua gempa tektonik mengguncang Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, Selasa (26/12) dan Rabu (27/12).(BMKG)

DUA gempa tektonik masing-masing dengan magnitido 4,4 dan 4 mengguncang Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (26/12) pukul 19:12 dan Rabu (27/12) pukul 06.51 Wita.

Guncangan gempa diirasakan III MMI, sempat membuat warga berhamburan keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. Warga baru kembali ke rumah setelah  guncangan gempa berakhir.

"Tadi malam guncangan gempa kuat sekali, kalau pagi ini guncangannya tidak terlalu kuat," kata Helen, warga Betun, Kabupaten Malaka.

Baca juga: 2 Rumah di Brebes Rusak Akibat Gempa Tegal

Sesuai laporan Stasiun Geofisika Kupang, pusat tempat terjadi di darat pada koordinat 9.66 LS, 124.89 BT, sekitar 14 kilometer barat daya Malaka, pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa kedua terjadi pukul 07.31 Wita berjarak1 kilometer tenggara Malaka pada koordinat 9.61 LS,124,99 BT pada kedalaman 10 kilometer. "Hingga saat ini masih belum ada laporan kerusakan dari BPBD setempat," kata Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono.

Baca juga: Gempa Kuat Magnitudo 7,6 Guncang Filipina Selatan, Timbulkan Kekhawatiran Tsunami

Margiono mengatakan, sesuai lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Gempa tidak berpotensi tsunami. Margiono mengimbau kepada masyarakat setempat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat