visitaaponce.com

Gempa Tektonik Magnitudo 4.6 Guncang Lamno Aceh Jaya

 Gempa Tektonik Magnitudo 4.6 Guncang Lamno Aceh Jaya
ilustrasi.(MI)

BALAI Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan menyatakan telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,6 di wilayah Lamno, Kabupaten Aceh Jaya, pada Selasa (11/6), pukul 06.46 WIB. Benda-bendabringan di dalam rumah dirasakan bergoyang meski belum tercatat adanya kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

"Lamno dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik," ungkap Hendro Nugroho, Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan, dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6).

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,6 dengan episenter terletak pada koordinat 4.72° LU dan 95.88° BT. Lokasi gempa berada di darat pada jarak 34 km Timur Laut Calang, Aceh Jaya, di kedalaman 79 km.

Baca juga : Deformasi Lempeng Laut Diduga Penyebab Gempa di Maluku Utara

Menurut Hendro, melihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Lamno, Aceh Jaya dengan skala intensitas II-III MMI.

Getaran dirasakan nyata di dalam rumah dan benda-benda ringan yang tergantung bergoyang. Getaran dan suara yang dirasakan juga seperti ada truk yang melintas. 

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," imbuhnya.
 
Dia juga memastikan sampai dengan pukul 07.18 WIB belum ada gempa susulan (aftershock). Karena itu Hendro mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.(yp)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat