visitaaponce.com

Gempa di Bolaang Mongondow Sulut Dipicu Aktivitas Lempeng Laut Sulawesi

Gempa di Bolaang Mongondow Sulut Dipicu Aktivitas Lempeng Laut Sulawesi
Gempa Sulawesi Utara(instagram BMKG)

GEMPA tektonik terjadi di wilayah Pantai Utara Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara pada Senin, (13/5) pukul 07.28.14 WIB . Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,98° LU ; 123,89° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 Km arah utara Lolak, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara pada kedalaman 271 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab Lempeng Laut Sulawesi.

Berdasarkan estimasi peta guncangan gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Lolak, Sang Tombolang, Bolaang, Kota Lolak, Kota Kotamobagu, Kota Bolaang Uki, Kota Tutuyan dan Kota Amurang Bolaang Mongondow dengan skala intensitas IV MMI.

Baca juga : BMKG: Gempa Tektonik di Bali tidak Picu Tsunami

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap Daryono.

Adapun, hingga pukul 08.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Ia menyatakan, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ungkapnya. (Ata/P-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat