visitaaponce.com

Gunung Semeru Aktif, Erupsi Berulang dalam Waktu Singkat

Gunung Semeru Aktif, Erupsi Berulang dalam Waktu Singkat
Aktivitas Gunung Semeru(Antara)

GUNUNG Semeru, yang berdiri tegak dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl), menunjukkan aktivitas erupsi yang meningkat. Dalam beberapa hari terakhir, gunung ini telah mengalami serangkaian erupsi, bahkan terjadi lebih dari empat kali dalam satu hari.

Menurut laporan dari petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Liswanto, pada Senin (13/5) dini hari, terjadi empat kali erupsi berturut-turut. Namun, visual letusan tidak dapat diamati secara langsung, dan erupsi masih berlangsung saat laporan tersebut disampaikan.

Pada hari sebelumnya, Minggu (12/5), Gunung Semeru mencatat lima kali erupsi. Salah satunya terjadi pada pukul 20.07 WIB, dengan ketinggian kolom letusan mencapai sekitar 500 meter di atas puncak, atau sekitar 4.176 meter di atas permukaan laut (mdpl). Erupsi ini teramati dengan kolom abu berwarna putih hingga kelabu, dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 102 detik.

Meskipun visual letusan tidak teramati pada erupsi-erupsi tersebut, Gunung Semeru tetap berstatus Siaga (Level III). Oleh karena itu, PVMBG menyarankan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, dalam radius 13 km dari puncak erupsi.

Selain itu, warga juga diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru, karena berpotensi terkena bahaya lontaran batu pijar. Langkah-langkah ini diambil untuk menjaga keselamatan masyarakat dari potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas gunung yang meningkat tersebut. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat