visitaaponce.com

Aktivitas Gunung Ruang Turun jadi Siaga

Aktivitas Gunung Ruang Turun jadi Siaga
Aktivitas Gunung Ruang berstatus siaga(Antara)

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan bahwa aktivitas gunung Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami penurunan. Oleh karena itu, sejak Senin (13/5) pukul 09.00 WITA, status gunung tersebut diturunkan dari Level IV Awas menjadi Level III Siaga.

"Kami juga merekomendasikan pengurangan radius wilayah evakuasi dari 5 kilometer menjadi 4 kilometer dari pusat kawah aktif. Evakuasi warga di Pulau Tagulandang hanya diperlukan untuk mereka yang berada dalam radius 4 kilometer," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan, pada hari Senin (13/5).

Meskipun demikian, dia mengingatkan bahwa warga yang tinggal di dekat pantai Pulau Tagulandang harus tetap waspada terhadap potensi lontaran batu pijar.

Hendra menjelaskan bahwa penurunan aktivitas Gunung Ruang terjadi dari tanggal 1 hingga 12 Mei. Jumlah gempa vulkanik dalam dan dangkal terus menurun.

"Tremor masih tercatat dengan amplitudo yang semakin kecil. Saat ini, potensi bahaya terutama adalah erupsi yang dapat menghasilkan lontaran material pijar dan abu vulkanik," tambahnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat