visitaaponce.com

Status Awas, Aktivitas Vulkanik Gunung Ruang Masih Tinggi

Status Awas, Aktivitas Vulkanik Gunung Ruang Masih Tinggi
Foto udara memperlihatkan kondisi kawah dan aktivitas vulkanik Gunung Ruang.(Dok. Antara)

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, masih tinggi. Status gunung Ruang masih dalam level IV atau Awas.

"Pada Senin (6/5), terekam 1 kali gempa tektonik jauh dan tremor menerus. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100 m di atas puncak kawah," ungkap Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid, di Bandung, Senin, 6 Mei 2024.

Dengan catatan itu, lanjutnya, mengindikasikan bahwa aktivitas Gunung Ruang masih tinggi. Potensi bahaya saat ini berupa erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik, serta lahar.

Baca juga : Sempat Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi

Dari hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanis Gunung Ruang ditetapkan masih tinggi. Untuk itu, direkomendasikan agar masyarakat tidak memasuki wilayah radius 5 kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

"Kami juga meminta masyarakat yang bermukim di Pulau Tagulandang yang berada dalam radius 5 km dievakuasi ke tempat aman," tandas Wafid.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat