visitaaponce.com

Status Gunung Ibu Naik Jadi Awas, Ratusan Warga Dievakuasi

Status Gunung Ibu Naik Jadi Awas, Ratusan Warga Dievakuasi
Gunung Ibu mengeluarkan abu vulkanik terlihat dari Desa Gam Ici Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.(Dok. Antara)

BADAN Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan informasi meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Ibu yang berada di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut), dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas), pada Kamis (16/5) pukul 15.00 WIT. Akibatnya, ratusan warga terpaksa dievakuasi ke pengungsian.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera bersama tim gabungan juga langsung menuju lokasi terdampak dan memberikan masker tambahan kepada masyarakat. Tim dilaporkan juga mendirikan tenda yang akan digunakan para warga yang mengungsi.

Pendataan sementara yang berhasil dihimpun hingga Jumat (17/5) pukul 06.30 WIB, tim gabungan telah mengungsikan sebanyak 263 jiwa warga di tiga desa, saat ini para warga telah berada di pengungsian Desa Gam Ici dengan rincian 72 jiwa berasal dari Desa Goin, 61 jiwa dari Desa Sangaji Nyeku dan 130 jiwa dari Desa Duono.

Baca juga : Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Level Status dari Siaga ke Awas

"Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius empat kilometer dari Gunung Ibu, kemudian jika terjadi hujan abu masyarakat yang akan beraktivitas di luar ruangan agar menggunakan masker," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Jumat (17/5)

BNPB meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lahar di sungai-sungai yang memiliki hulu di puncak Gunung Ibu. Selain itu, warga diminta tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak yang berwenang.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat