visitaaponce.com

Gunung Ibu Erupsi 3 Hari Berturut-turut

Gunung Ibu Erupsi 3 Hari Berturut-turut
Gunung Ibu mengeluarkan abu vulkanik terlihat dari Desa Gam Ici Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Senin 13 Mei 2024.(Dok. Antara)

AKTIVITAS vulkanik Gunung Ibu, di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, terus meningkat. Dalam tiga hari terakhir, setiap hari terjadi erupsi di gunung yang tingginya 6.325 meter di atas permukaan laut itu.

Yang terbaru, Senin (13/5), Gunung Ibu erupsi pada pukul 09.12 WIT, dengan tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter. Erupsi berlangsung selama 5 menit 6 detik.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam. Intensitasnya tebal dan arah kolom abu condong ke barat. Suara dentuman dan gemuruh terus terdengar," ungkap Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan, Senin (13/5).

Baca juga : Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi dan Berstatus Siaga, Warga Diminta Waspada

Status Gunung Ibu saat ini berada pada level III Siaga. PVMBG merekomendasikan pengosongan aktivitas pada radius 3 kilometer dari bukaan kawah, atau perluasan sektor berjarak 5 kilometer di bagian utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata," tambah Hendra.

Sehari sebelumnya, Minggu (12/5), erupsi Gunung Ibu terjadi pada pukul 00.58. Erupsi berlangsung selama 3 menit 20 detik.

Sementara pada Sabtu (11/5), gunung ini erupsi dengan tinggi kolom mencapai 4 kilometer di atas puncak. Erupsi terjadi selama 6 menit 27 detik.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat