visitaaponce.com

Sejak Kemarin Gunung Merapi Muntahkan Lava Setiap Jam

Sejak Kemarin Gunung Merapi Muntahkan Lava Setiap Jam
Asap mengepul dari kawah Gunung Merapi (16/05/2024).(BPBD Sleman)

SEJAK Minggu (2/6) kemarin pukul 18.00 WIB hingga Senin (3/6) pukul 06.00 WIB, Gunung Merapi memuntahkan lava hampir setiap jam. Tercatat dalam kurun waktu tersebut terjadi 21 kali guguran lava atau rata-rata setiap 34 menit sekali dari gunung di Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi, Ahmad Sopan, menjelaskan guguran lava tersebut keseluruhannya meluncur ke arah barat daya atau mengarah ke hulu Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter dari puncak.

Kegempaan yang terekam di seismograf, katanya, hanya gempa guguran yang terjadi sebanyak 32 kali dengan amplitudo maksimal 14 milimeter dan durasi maksimal 152,5 detik. 

Baca juga : Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar Sejauh 1,5 Kilometer

"Tidak tercatat adanya gempa lainnya," katanya.

Sementara dari pengamatan sisi meteorologi, cuaca di kawasan puncak mendung dan berawan. Angin bertiup dengan kecepatan lemah, pada periode pengamatan pukul 18.00-24.00 WIB mengarah ke timur dan pada periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB mengarah ke barat dengan kecepatan lemah. Sedangkan suhu udara pada kisaran 17,8 derajat Celsius hingga
20,3 derajat Celsius.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih mempertahankan status aktivitas vulkanis Gunung Merapi pada siaga atau Level III.

Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, sambung Ahmad, maka status aktivitas vulkanis tersebut akan segera ditinjau kembali. (J-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri yuliani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat