visitaaponce.com

Hampir Setiap Setengah Jam Terjadi Guguran Lava di Gunung Merapi

Hampir Setiap Setengah Jam Terjadi Guguran Lava di Gunung Merapi
Ilustrasi Kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

SEPANJANG sore kemarin Minggu (2/6) hingga pagi tadi pukul 06.00 WIB  terjadi 21 kali guguran lava di Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Rata-rata rerjadi guguran lava setiap 34 menit sekali. 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Ahmad Sopan menjelaskan guguran lava tersebut mengarah ke arah barat daya atau ke hulu Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter dari puncak.

Kegempaan yang terekam seismogram, kata dia,  hanya gempa guguran yang terjadi sebanyak 32 kali dengan amplitudo maksimal 14 milimeter dan durasi maksimal 152,5 detik. 

Cuaca di kawasan puncak mendung dan berawan, angin bertiup pada periode pengamatan pukul 18.00 - 24.00 WIB mengarah ke timur, dan pada periode pengamatan pukul 00.00 - 06.00 WIB mengarah ke barat dengan kecepatan
lemah. Sedangkan suhu udara pada kisaran 17,8 derajat Celsius hingga 20,3 derajat Celsius.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih mempertahankan status Siaga atau Level III pada aktivitas vulkanik Gunung Merapi.  Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, ujarnya maka tingkat aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. (AU/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat