visitaaponce.com

Masuk Musim Penghujan, BNPB Imbau Masyarakat Waspadai 2 Hal Ini

Masuk Musim Penghujan, BNPB Imbau Masyarakat Waspadai 2 Hal Ini
Musim hujan ada 2 hal yang harus diwaspadai(MI/Ramdani)

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan bahwa memasuki November 2023, Indonesia sudah mulai masuk transisi dari musim kering ke musim hujan. Ada dua hal yang harus diwaspadai.

“Musim transisi ini normalnya dari September-November, tetapi agak tertunda karena pengaruh El nino,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (5/11).

Lebih lanjut, kondisi paling signifikan dalam satu minggu terakhir adalah hujan yang mengguyur hampir seluruh Pulau Jawa secara bervariasi setelah lebih dari 90 hari tanpa hujan.

Baca juga: Masuki Musim Hujan, Hati-hati Penyakit Leptospirosis dari Kotoran Tikus

Menurut Suharyanto, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dalam kondisi ini. Pertama, untuk kawasan perkotaan, periksa dan pastikan pemeliharaan drainase primer, sekunder dan tersier dilakukan untuk menganyisipasi potensi banjir/genangan baik akibat debit air kiriman maupun hujan ekstrim di tingkat lokal.

“Untuk kawasan perbukitan seperti Jawa bagian tengah ke selatan. Waspadai retakan-retakan akibat tanah keringsaat kemarau yang jika diguyur hujan akan sangat rentan terjadi longsor,” ujar Suharyanto.

Baca juga: Polres Tasikmalaya Kota Bersiap Antisipasi Bencana di Musim Hujan

Sementara kedua, untuk kawasan gunung api, jika terjadi hujan intensitas tinggi di daerah puncak, maka potensi terjadi banjir lahar dingin misalnya di semeru dan merapi.

“Terakhir bagi pengendara motor, selalu siapkan jas hujan, dan jangan berhenti di bawah jembatan ketika turun hujan karena di samping akan menimbulkan kemacetan, juga hal tersebut berbahaya bagi keselamatan,” pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat