visitaaponce.com

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi dan Berstatus Siaga, Warga Diminta Waspada

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi dan Berstatus Siaga, Warga Diminta Waspada
Erupsi Gunung Ibu di Maluku Utara, Kamis, 7 Mei 2024.(Dok. Metro TV)

GUNUNG Ibu, di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara kembali erupsi pada hari ini, Kamis, (9/5) dengan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1,5 Kilometer. Kini Gunung Ibu berstatus siaga alias naik ke level 3.

Berdasarkan pengamatan Tim Pemantau Gunung Api Ibu, erupsi terjadi sekitar pukul 18.13 WIT. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong kearah timur.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasinya kurang lebih 6 menit 51 detik. Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ibu, Axl Roeroe, mengatakan sebelumnya Gunung Api Ibu erupsi sejak tanggal 28 April 2024 kemarin dengan ketinggian kolom abu mencapai 3500 Meter diatas permukaan puncak gunung.

Baca juga : Gunung Ibu di Halmahera Meletus, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1 Kilometer

Erupsi kemudian kembali terjadi lagi pada tanggal 7, dan 8 hingga 9 Mei 2024, yang menyebabkan sejumlah Desa di Kecamatan Tobaru, dan Kecamatan Ibu Utara, mengalami hujan abu. Kini, petugas Pengamatan Gunung Api Ibu menaikkan status dari waspada ke siaga.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat mengimbau kepada warga agar tetap waspada dengan tidak melakukan aktivitas di radius 3 kilometer dari puncak Gunung Ibu, karena status gunung tersebut ditetapkan menjadi level 3 alias siaga.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD, juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat setempat sebanyak 2000 pick, dan melakukan sosialisasi waspada kepada warga.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat