visitaaponce.com

Rombongan Studi Tour Kecelakaan di Jombang, Begini Penjelasan SMP PGRI 1 Wonosari

Rombongan Studi Tour Kecelakaan di Jombang, Begini Penjelasan SMP PGRI 1 Wonosari
Kecelakaan bus pariwisata SMP PGRI 1 Wonosari saat study tour di tol Jombang(MetroTV)

PIHAK Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI 1 Wonosari di Kabupaten Malang memberikan penjelasan terkait kecelakaan bus rombongan studi tur di Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur.

Kepala SMP PGRI 1 Wonosari Hartono, saat dikonfirmasi dari Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu, menyatakan bahwa rombongan tersebut berangkat dari Kabupaten Malang menuju Yogyakarta pada 20 Mei 2024 sekitar pukul 20.00 WIB.

"Jumlah siswa yang berpartisipasi sebanyak 31 anak, dan total seluruh rombongan termasuk pendamping adalah 50 orang," ujar Hartono saat dikutip melalui Antara, Rabu (22/5).

Baca juga : Polda Jatim: Sopir Bus SMP 1 PGRI Wonosari Sempat Tertidur sebelum Kecelakaan

Hartono menjelaskan bahwa rombongan tiba di Yogyakarta pada Selasa (21/5), dan mengunjungi empat lokasi wisata, yaitu Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Tebing Breksi, dan Malioboro.

Menurutnya, kecelakaan terjadi saat rombongan sedang dalam perjalanan kembali ke Kabupaten Malang. Seluruh penumpang dalam keadaan tertidur saat kecelakaan terjadi, sehingga tidak ada yang mengetahui detail peristiwanya.

"Semua sedang tidur, waktu itu tengah malam sehingga suasana hening. Saya sendiri juga tertidur dan terkejut saat terjadi benturan," kata Hartono yang ikut dalam rombongan tersebut.

Baca juga : Detik-detik Kecelakaan Maut Bus Study Tour SMP PGRI di Tol Jombang Terekam CCTV

Dalam kecelakaan tersebut, satu siswa mengalami luka-luka, sementara 30 siswa lainnya selamat. Sebanyak 14 orang lainnya yang mengalami luka-luka adalah para guru dan pendamping.

"Sebanyak 30 siswa selamat, satu siswa luka ringan. Selain itu, yang luka-luka adalah para guru dan pendamping, serta petugas kebersihan sekolah," tambahnya.

Bus pariwisata dengan nomor polisi W 7422 UP yang membawa rombongan studi tur SMP PGRI 1 Wonosari Kabupaten Malang, menabrak sebuah truk di KM 695+400A Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jawa Timur, Selasa malam (21/5).

Akibat kecelakaan tersebut, dua orang penumpang meninggal dunia dan 15 orang mengalami luka-luka. Korban meninggal dunia adalah kernet bus, Edy Sulistiyono (46), warga Kabupaten Blitar, dan guru SMP PGRI 1 Wonosari Malang, Edy Crisna Handaka (62), warga Kabupaten Malang.

Kecelakaan bermula ketika bus melaju dari barat ke timur atau dari arah Nganjuk ke Mojokerto sekitar pukul 23.45 WIB. Bus mendadak oleng ke kiri di KM 695+400A dan menabrak truk dengan nomor polisi N 9674 UH yang melaju di lajur kiri, menyebabkan bagian depan bus hancur. Truk bermuatan gerabah tersebut dikemudikan oleh Arif Yulianto (37), warga Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat