visitaaponce.com

Aktivitas Gunung Kelimutu Meningkat, Air Danau Berubah Warna

Aktivitas Gunung Kelimutu Meningkat, Air Danau Berubah Warna
Aktifitas danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT)(MI/Ramdani)

AKTIVITAS Gunung Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, menunjukkan peningkatan. Kondisi ini ditandai dengan perubahan warna air danau di Kawah I Tiwu Ata Polo.

Menurut pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), perubahan warna air danau mulai terjadi pada 17 Mei, menjadi hijau tua. Pada 22 Mei, warna air berubah menjadi cokelat kehitaman.

"Perubahan warna ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya pengaruh konveksi gas dari bawah permukaan," ungkap Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid, di Bandung, Kamis (23/5).

Baca juga : Aktivitas Vulkanik Gunung Ibu masih Tinggi, Lewotobi Erupsi Lagi

Wafid menambahkan bahwa hingga 22 Mei, jaringan seismik Gunung Kelimutu mencatat 37 kali gempa vulkanis dalam, 1 kali gempa vulkanis dangkal, 14 kali gempa tektonik lokal, dan 29 kali gempa tektonik jauh.

"Potensi bahaya saat ini berupa erupsi freatik dengan ancaman semburan air dan lontaran material di sekitar kawah. Hujan abu dapat terjadi dengan jarak dan intensitas tergantung pada arah dan kecepatan angin," tambah Wafid.

Pada hari yang sama, terjadi erupsi di Gunung Lewotobi Laki-laki di Nusa Tenggara Timur, pada pukul 10:39 WITA. Durasi erupsi berlangsung selama 1 menit 31 detik.

"Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi, serta sektoral 3 kilometer ke arah Utara-Timur Laut dan 5 kilometer sektor Timur Laut," lanjutnya.

Wafid juga meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki untuk mewaspadai potensi banjir lahar hujan di sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung, terutama jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat