visitaaponce.com

Puluhan Pengungsi Erupsi Gunung Ibu Menderita ISPA

Puluhan Pengungsi Erupsi Gunung Ibu Menderita ISPA
Pengungsi korban erupsi Gunung Ibu mendapatkan perawatan karena menderita ISPA.(Dok. Metro TV)

SEBANYAK 52 orang pengungsi erupsi Gunung Ibu, di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara menderita infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA, akibat dari hujan abu yang mengguyur daerah tersebut. Rabu (29/5).

Pos kesehatan tanggap darurat erupsi gunung ibu memastikan, infeksi saluran pernapasan yang diderita pengungsi akibat dari abu vulkanik yang melanda kawasan permukiman warga, serta kawasan pengungsian di Kecamatan Ibu.

Lebih dari 52 pasien penderita ISPA tersebut didata per hari ini Rabu 29 mei 2024, dari pukul 08.00 hingga pukul 18.00 waktu indonesia Timur. Selain Ispa, sejumlah pengungsi lainnya juga mengeluhkan sakit lambung, alergi kulit, sakit kepala dan diare.

Baca juga : Gunung Lewotobi Kembali Erupsi, 6550 Jiwa Warga Telah Mengungsi

Pos kesehatan tanggap darurat Erupsi Gunung Ibu mengatakan jumlah pasien tersebut akan terus bertambah, lantaran erupsi Gunung Ibu masih terjadi dan mengguyur wilayah pengungsian.

Untuk itu, seluruh warga dihimbau menggunakan masker agar terhindar dari paparan abu vulkanik. Selain itu Warga juga diminta tidak beraktivitas di radius 7 kilometer dari kawah gunung ibu, karena status Gunung ibu saat ini masih berada pada level awas.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat