visitaaponce.com

Petugas Padamkan Karhutla di Trans Kalimantan

Petugas Padamkan Karhutla di Trans Kalimantan
Ilustrasi.(Dok MI)

BADAN Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah bersama instansi terkait melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Lokasinya di Jalan Trans Kalimantan Km 32 Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (20/6).

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Ahmad Toyib mengatakan bahwa kondisi karhutla di lokasi tersebut sudah terjadi sejak 18 Juni 2024. Luas lahan yang terbakar tersebut diperkirakan 3,74 hectare. Luas lahan yang dipadamkan sekitar 0,57 ha. 

"Status lahan kosong. Untuk potensi penyebaran karhutla terpantau nihil. Di lokasi lahan tersebut ada tiang sutet PLN," jelasnya, Jumat (21/6).

"Alhamdulilah, kondisi terakhir lokasi karhutla tersebut hari ini sesudah dilakukan pemadaman, sudah padam tuntas," pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dihimpun Pusdalops PB untuk karhutla di Kalteng mulai 1 Januari sampai dengan 19 Juni 2024 memiliki 509 titik (hotspot). Kejadian karhutla 54 kali dan luas yang terbakar seluas 73,52 ha. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat