visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Tanggal 5 Juli 2024, Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diguyur Hujan

Prakiraan Cuaca Tanggal 5 Juli 2024, Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diguyur Hujan
Prakiraan cuaca(Dok.BMKG)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di Filipina yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Filipina dan di perairan Timur Filipina.Sementara sirkulasi siklonik lain juga terpantau di sekitar Selat Karimata yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat. 

Kemudian daerah konvergensi lain memanjang dari laut Jawa hingga ke Sumatera Selatan, dari Jawa Tengah hingga ke Banten, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Sulawesi Utara hingga Laut Sulawesi, dari Maluku hingga Maluku Utara, dan dari Papua Pegunungan hingga Papua.Serta daerah konferensi memanjang di Samudera Hindia Baru Sumatera, di Laut Banda, dan di Samudera Pasifik Timur Filipina.Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konferensi tersebut.

Predikisi angin di wilayah Indonesia umumnya didominasi dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10-50 km/jam. Suhu udara berkisar antara 20-35 derajat celcius dengan kelembaban 55-100 %.

Baca juga : Prakiraan Cuaca: Jakarta Selatan Turun Hujan Kamis Siang 4 Juli 2024

Perkiraan gelombang laut untuk wilayah indonesia umumnya berkisar antara 0,5 -2,5 meter. Waspadai gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter di Samudera Hindia Barat Sumatera dan Samudera Hindia Selatan Jawa. 

Waspada Potensi Banjir Rob untuk Wilayah:

  1. Pesisir Sumatera Utara
  2. Pesisir Sumatera Barat
  3. Pesisir Kep.Riau
  4. Pesisir Banten
  5. Pesisir Jawa Timur
  6. Pesisir Jakarta
  7. Pesisir NTT

Perkiraan Cuaca di Indonesia

Pulau Sumatera: Banda Aceh berawan, Medan hujan lebat, Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Jambi, Bandar Lampung dan Pangkal Pinang hujan petir, Palembang kabut dan Bengkulu hujan ringan.

Pulau Jawa: Serang, Jakarta hujan petir, Semarang hujan ringan, Surabaya cerah berawan, Yogyakarta hujan lebat dan Bandung Hujan Sedang.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Kamis 4 Juli 2024: Terpantau Intrusi Udara Kering di Beberapa Wilayah

Bali dan Nusa Tenggara: Denpasar berawan, Mataram hujan ringan dan Kupang cerah berawan.

Pulau Kalimantan: Palangkaraya hujan petir, Tanjung Selor kabut, dan Samarinda, Banjarmasin, Pontianak hujan ringan.

Pulau Sulawesi: Mamuju cerah berawan, Palu, Manado hujan petir, dan Gorontalo, Kendari, Makassar hujan ringan.

Indonesia Bagian Timur: potensi hujan dengan intensitas ringan berada di Ternate, Manokwari, Jayapura  dan Ambon hujan sedang.

Info yang diberikan BMKG merupakan gambaran umum di setiap wilayah di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut masyarakat bisa mengakses informasi terbaru di wilayah masing-masing. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat