visitaaponce.com

Kurangi Jejak Karbon, 10 Ribu Pohon Ditanam di Ngawi

Kurangi Jejak Karbon, 10 Ribu Pohon Ditanam di Ngawi
Sebanyak 10 ribu pohon ditanam di Hutan Pertamina UGM Ngawi, Jawa Timur, Rabu (3/7).(Dok.Pelita Air)

 

SEBANYAK 10 ribu pohon ditanam di Hutan Pertamina UGM Ngawi, Jawa Timur. Penanaman 10 ribu pohon ini tak hanya bertujuan mengurangi emisi karbon, tapi juga memberikan manfaat berkesinambungan bagi peningkatan mutu udara, menjaga kestabilan tanah, dan keseimbangan air.

"Ditanamnya 10 ribu pohon ini bisa memberikan manfaat berkesinambungan bagi peningkatan kualitas udara, menjaga kestabilan tanah, dan keseimbangan air. Kami berharap langkah ini dapat berdampak positif jangka panjang bagi lingkungan sekitar,” ungkap Corporate Secretary Pelita Air Agdya Yogandari, di Ngawi, Jatim, Rabu (3/7).

Baca juga : 6.770 Hektare Lahan Bekas Tambang Berhasil Direklamasi

Kegiatan penanaman 10 ribu pohon bertajuk Sustainability for Tomorrow ini dilakukan Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai layanan medium, bersama PT Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation,
yang berkomitmen kuat mewujudkan kelestarian lingkungan dengan mengurangi jejak karbon. Jenis-jenis pohon yang ditanam meliputi kepuh, nyamplung, jambu mete, nangka, dan kayu putih.

"Selain memberikan manfaat lingkungan, tanaman-tanaman itu diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar," ujar Agdya.

Agdya mengungkapkan 10 ribu pohon yang ditanam Pelita Air setiap tahun diestimasikan mampu menekan sekitar 150 ton karbondioksida di udara sehingga emisi karbon dapat ditekan secara efektif.

Baca juga : Penanaman Pohon Pinang Selaraskan Pembangunan dan Alam

"Komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan hidup merupakan salah satu pilar dalam bisnis perusahaan. Itu termaktub dalam misi perusahaan yakni perusahaan bertanggung jawab pada lingkungan hidup. Karena itu, dalam tiap aktivitas bisnis, perusahaan selalu berupaya memperhatikan aspek lingkungan hidup, termasuk pada kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan,” ujar Agdya.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat setempat yang dikenal sebagai local heroes dalam proses penanaman dan pemeliharaan pohon sehingga turut meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Acara penanaman 10 ribu pohon dihadiri Direktur Niaga Pelita Air Asa Perkasa, SVP Strategy & Investment PT Pertamina Henricus Herwin, VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina Fajriyah Usman, Direktur Keuangan Pertamina Foundation Tito Rahmat Hidayat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi Taufiq Agus Susanto, Pemkab Ngawi serta Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Baca juga : Penanaman Pohon Komitmen Dukungan Pencapaian Zero Net Emission 2050

Selain menanam 10 ribu pohon, pada hari yang sama, Pelita Air juga melakukan penerbangan hijau (green flight) pada rute Jakarta-Surabaya-Jakarta (IP202 dan IP207). Penerbangan berkelanjutan ialah wujud komitmen Pelita Air sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan hidup dan masa depan bumi.

"Kini kami sedang melakukan penerbangan berkelanjutan untuk mengurangi emisi agar penerbangan ini lebih ramah lingkungan dengan membeli carbon credit yang dapat dikonversikan menekan karbon emisi sebesar 12 ton CO². Kami mengambil berbagai langkah untuk memastikan penerbangan ini lebih hijau dan berkelanjutan," pungkas Agdya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat