visitaaponce.com

Sirkuit Interlagos Gelar Senna Day

Sirkuit Interlagos Gelar Senna Day
Warga Brasil melihat pameran tentang Ayrton Senna dalam acara Senna Day di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Brasil.(AFP/NELSON ALMEIDA)

SIRKUIT Interlagos menggelar Senna Day, Rabu (1/5), untuk mengenang kehidupan pembalap legendaris Formula 1 Ayrton Senna dalam peringatan 25 tahun meninggalnya pembalap Brasil itu.

Acara itu dimulai dengan gelaran fun run keliling sirkuit kenamaan di Kota Sao Paulo itu tempat peraih tiga gelar Formula 1 itu dua kali menjadi juara Grand Prix Brasil di hadapan publiknya pada 1991 dan 1993.

Balapan karting juga masuk agenda acara itu serta aksi mobil khusus milik McLaren, tim Inggris yang menaungi Senna saat dia menjadi juara Formula 1 pada 1988, 1990, dan 1991.

Senna meninggal dunia dalam kecelakaan di GP San Marino di Sirkuit Imola pada 1 Mei 1994 di usia 34 tahun.

Baca juga: Kematian Senna Buat Formula 1 Semakin Aman

"Dia merupakan contoh pribadi yang tidak takut berjuang mencapai mimpinya dan bangga menjadi warga Brasil," ujar Bianca Senna, keponakan Senna, yang kini mengelola Ayrton Senna Institute, yang menggerakan sejumlah proyek pendidikan di area miskin Brasil.

Para penggemar bisa melihat berbagai memorabilia dari karier Senna serta mencoba simulator yang mereproduksi sejumlah balapan pembalap itu.

"Dia adalah pahlawan saya. Saya masih 10 tahun saat dia meninggal. Hingga hari ini, saya mencoba meniru gaya dia saat saya bertanding," ujar Marcos Vinicius Martins, pembalap yang ambil bagian dalam acara Senna Dary.

Acara Senna Day merupakan penghormatan bagi pria yang dibobatkan sebagai olahragawan terbaik Brasil (meraih 47% suara) mengungguli legenda sepak bola Brasil Pele (23%) dalam jajak pendapat yang digelar di kota kelahiran Senna, Sao Paulo pada 2014. (AFP/OL-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat