visitaaponce.com

Usai Cetak Sejarah, Hubbard Tersingkir Dini di Olimpiade Tokyo 2020

Usai Cetak Sejarah, Hubbard Tersingkir Dini di Olimpiade Tokyo 2020
Lifter Selandia Baru Laurel Hubbard(AFP/Mohd RASFAN)

LIFTER Selandia Baru Laurel Hubbard, Senin (2/8), mencetak sejarah sebagai atlet transgender pertama yang bertanding di Olimpiade. Namun, dia harus tersingkir lebih awal karena gagal menuntaskan tiga angkatan snatch di Grup A kelas +87 kg putri Olimpiade Tokyo 2020.

Lifter berusia 43 tahun itu menjadi kontestan tertua di cabang angkat besi di Olimpiade Tokyo 2020.

Persetujuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mengizinkan Hubbard bersaing di Olimpiade Tokyo 2020 sempat memicu perdebatan sengit
tentang keadilan bagi peserta perempuan serta soal partisipasi atlet dari berbagai gender.

Baca juga: Melati Berharap Bisa Tampil di Olimpiade-Olimpiade Berikutnya

Hubbard, sebelumnya, turun di kelas putra sebelum memutuskan berganti kelamin menjadi perempuan pada 2013 lalu untuk bertanding di kelas +87 kg putri d Tokyo.

Dia awalnya diprediksi dapat meraih medali di Tokyo setelah memenangi perak kejuaraan dunia pada 2017 dan emas kejuaraan Oseania pada 2019.

Namun, kiprahnya berakhir dalam 10 menit sejak percobaan pertamanya. Ia gagal menuntaskan angkatan snatch dalam tiga kesempatan yang ada.

"Saya tidak sepenuhnya menyadari kontroversi terkait partisipasi saya di Olimpiade ini," kata Hubbard, Senin (2/8).

"Namun, saya secara khusus ingin berterima kasih kepada IOC karena saya pikir mereka telah menerapkan komitmen terhadap nilai-nilai Olimpiade, bahwa olahraga adalah untuk semua orang," lanjutnya.

Hubbard telah memenuhi syarat untuk tampil di Olimpiade sejak 2015 ketika IOC merilis pedoman yang membuka kesempatan atlet transgender untuk bersaing sebagai perempuan selama kadar testosteron mereka di bawah 10 nanomol per liter, setidaknya dalam 12 bulan sebelum kompetisi. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat