visitaaponce.com

Tim Basket Kursi Roda Putra Indonesia Raih Perunggu

Tim Basket Kursi Roda Putra Indonesia Raih Perunggu
Pebasket Indonesia I Komang Suparta (kiri) dan Kasep Ayatulloh (kanan) mencoba menghalau pergerakan pebasket Kamboja Thav Thet.(ANTARA/Muhammad Adimaja)

CABANG olahraga bola basket kursi roda putra Indonesia meraih medali perunggu di ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/7), usai menaklukkan tim putra Kamboja, dengan skor 9-5.

Sedangkan tim Filipina harus puas dengan medali perak setelah ditaklukkan tim putra basket kursi roda terkuat di Asia Tenggara, Thailand dengan skor 12-22. Thailand berhasil merebut emas.

Kunci kesuksesan tim bola basket Indonesia menempati peringkat ketiga dan berhak atas medali perunggu karena sejak menit awal mampu bermain tenang melawan Kamboja.

Hal itu ditegaskan I Komang Suparta, anggota tim basket kursi roda (3x3). Komang pun mengaku bangga karena ia dan rekan-rekannya mampu bermain tenang, hingga mengontrol bola, dan unggul dalam penguasaan rebound atas Kamboja.

Kamboja pada menit awal berhasil menghasilkan 2 poin, sedangkan Indonesia masih nol. Namun, Suparta, Kasep Ayatulloh, dan Ivo Shadan yang bermain solid mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.


Baca juga: Para Badminton Sumbang Emas Pertama bagi Indonesia di APG 2022


Setelah itu, perolehan angka tim Indonesia melesat hingga meninggalkan Kamboja dengan raihan skor 9-3. Tuan rumah kemudian mengunci kemenangan dengan skor 9-5 yang disambut suka cita pendukung yang berada di GOR Sritex.

"Indonesia berhasil menang atas Kamboja berkat teman-teman bermain solid dan lebih tenang sehingga tembakannya banyak yang menghasilkan poin," kata Suparta kepada Media Indonesia usai laga.

Sementara pelatih tim bola basket kursi roda putra Indonesia Fajar Brillianto memuji para pemainnya yang mampu bermain tenang, hingga akhirnya berhasil maksimal, meraih kemenangan.

"Kemampuan teman-teman itu sebenarnya belum sepenuhnya, semua baru 60%. Jika bisa keluar 100%, mungkin hasilnya akan berbeda. Mungkin juga jika lebih banyak jam terbang, tentu hasil di APG XI ini akan lebih maksimal lagi," tegas Fajar.

Usai APG, ia akan mengupayakan Tim Indonesia sering try out ke luar negeri, untuk menambah jam terbang. " Kalau pinya pengalaman banyak, tentu berpengarih pada permainan kedepan," pingkas dia.

Pada bagian putri, tim basket kursi roda Kamboja berjaya dan berhak medali emas usai menjungkalkan Thailand dengan skor 7-5. Dengan begitu, Thailand meraih perak. Sedangkan Laos mendapat perunggu setelah mengalahkan Filipina dengan skor 4-0. (Rif/OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat