visitaaponce.com

Zainudin Amali Per Hari Ini Saya Bukan Menpora

Zainudin Amali : Per Hari Ini Saya Bukan Menpora
Zainudin Amali resmi mundur dari jabatan Menpora(DOK Kemenpora)

ZAINUDIN Amali menegaskan per hari ini, Senin (13/3) dirinya sudah tidak menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Hal itu dinyatakan usai Zainudin mendapat restu dari Presiden Joko Widodo ihwal pengunduran dirinya.

Kamis (9/3) lalu, Zainudin Amali mengantarkan surat pengunduran diri secara resmi dari jabatan Menpora kepada Menteri Sekretariat Negara Pratikno. Tadi pagi, Zainudin mengatakan sudah bertemu Jokowi di Bali dan sudah diizinkan untuk mundur.

"Kamis lalu saya menyampaikan pengunduran diri, dan tadi pagi di Bali saya sudah bertemu presiden. Dan Pak Presiden sudah mengizinkan untuk mundur," kata Zainudin di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (13/3).

"Jadi per hari ini saya sudah bukan Menpora, per hari ini saya berhenti setelah dapat persetujuan dari Bapak Presiden," tegas Zainudin yang mengaku sudah mengemas seluruh barang miliknya di Kantor Kemenpora.

Soal penggantinya, Zainudin menegaskan itu merupakan hak preogratif Presiden termasuk apakah itu penggantinya berasal dari dari partai asalnya, yaitu Partai Golkar. "Soal penggantinya, apakah ada Plt dulu atau ada menpora definitif belum tahu, karena itu hak preogratif presiden," kata Zainudin.

Ia juga menegaskan, jabatannya sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 atau FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (Inafoc) otomatis juga berakhir. Hal itu karena Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres) tentang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 menyebutkan ketua Inafoc merupakan jabatan yang diamanatkan untuk Menpora.

"Saya tetap akan membantu Piala Dunia U-20, itu komitmen saya ke Bapak presiden. Saya akan tetap ada di lingkungan olahraga. Saya tetap akan bantu Inafoc, enggak tahu nanti sebagai apa," jelasnya.

Keputusan mundurnya Zainudin Amali sebagai Menpora berawal ketika ia terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI beberapa waktu lalu. Zainudin mengaku ingin fokus mengurus sepak bola. (R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat