visitaaponce.com

Lifter Tsabhita Raih Emas SEA Games 2023 dari Kelas 64 Kg

Lifter Tsabhita Raih Emas SEA Games 2023 dari Kelas 64 Kg
Lifter Indonesia Tsabitha Alfiah Ramadani(ANTARA/Muhammad Ramdan)

LIFTER putri Indonesia Tsabitha Alfiah Ramadani menambah pundi-pundi medali emas Indonesia setelah berhasil menjadi yang terbaik di kelas 64 kg putri SEA Games XXXII/2023 Kamboja di National Olympic Stadium, Senin (15/5).

Tsabitha bersaing dengan tiga lifter yakni Roeun Sreynith asal Kamboja, Nur Syazwani Radzi dari Malaysia, dan pesaing terberat asal Vietnam Thi Thu Uyen Dinh.

Sebelum persaingan dimulai, Tsabitha mendaftarkan angkatan snatch di angka 83 kg. Nominal tersebut menempatkan lifter kelahiran 23 Desember 2000 itu di urutan ketiga saat beraksi.

Baca juga: Rahmat Erwin Cetak Rekor Angkat Besi di SEA Games Kamboja

Kemudian Nur Syazwani yang tampil kedua berhasil mengangkat beban tertinggi 80 kg. Tsabitha pun harus menambah beban menjadi 92 kg. Sayang, ia gagal pada angkatan pertama.

Setelah itu, dia kembali mencoba melakukan angkatan snatch dengan beban yang sama. Tsabitha tampak lebih siap dan akhirnya mulus mengangkat beban tersebut.

Melihat Tsabitha mulus, Thi Thu Uyen Dinh berhasil membalas dengan angkatan 93 kg. Kemudian menaikkan beban menjadi 96 kg.

Baca juga: Rizki Juniansyah Raih Emas di Kelas 73 Kg SEA Games 2023

Mau tidak mau, Tsabitha pun harus melewati angka tersebut dan berhasil dengan angkatan 97 kg yang sekaligus menjadi angkatan snatch terbaiknya.

Tsabitha pun akhirnya menang setelah wakil Vietnam gagal melakukan angkatan 98 kg. Untuk angkatan snatch, Tsabitha pemenangnya.

Peserta mendapat kesempatan untuk menarik napas dengan 15 menit waktu istirahat sebelum masuk ke angkatan clean and jerk.

Tsabitha memulai di urutan terakhir. Dia berhasil mengangkat 107 kg. Angkatan tersebut cukup untuk mengantarkannya meraih emas.

Sebab, pesaingnya tidak mampu mengejar, khususnya wakil Vietnam yang hanya berhasil pada angkatan pertama dengan 98 kg. Dua angkatan selanjutnya gagal.

Tsabitha pun dipastikan meraih medali emas dengan membukukan angkatan snatch 97 kg dan clean and jerk 107 kg sehingga membukukan total angkatan 204 kg.

Perak menjadi milik wakil Vietnam dengan 96 kg (snatch), 98 (clean and jerk), dan 194kg (total). Lalu lifter Malaysia meraih perunggu dengan 80 kg (snatch), 104 kg (clean and jerk), dan 184 kg (total). (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat