visitaaponce.com

Kontroversi SEA Games Kamboja Dari Podium Gelap hingga Tudingan Pakai Atlet Tiongkok

GELARAN SEA Games 2023 Kamboja tak luput dari kontroversi dan catatan. Kejadian-kejadian yang mengundang kontroversi terjadi sejak sebelum pembukaan.

Polemik sempat terjadi ketika insiden bendera negara peserta, termasuk Indonesia, yang dikibarkan terbalik ketika latihan seremoni pembukaan pekan lalu. Permintaan maaf pun disampaikan panitia penyelenggara dan ketika pembukaan resmi digelar kesalahan tak terulang.

Sehari kemudian, atlet Indonesia Hendro Yap yang menang di nomor jalan cepat putra menikmati podium medali emas di tengah suasana gelap.

Baca juga : Bonus Jadi Penyemangat Atlet

Saat itu, lomba berakhir hingga matahari terbenam. Namun, tidak tersedia pencahayaan di podium yang akhirnya diterangi dengan sorotan cahaya dari mobil.

"Saya juga agak heran karena melihat genset sudah dinyalakan, di situ ada lampu taman. Tetapi ketika negara-negara lain pindah (ke tempat lebih terang), panitia tetap tidak mau pindah ingin di situ (tempat gelap)," kata Hendro mengenang seremoni emasnya.

"Mengibarkan bendera juga tidak pengerekan, langsung dikibarkan saja. Itu juga agak shock melihatnya," imbuhnya.

Baca juga : FAPSI Sayangkan Sikap Bupati Karawang Soal Andriani

Beberapa hari kemudian terjadi insiden satu kamar tim bulu tangkis putri Indonesia di perkampungan atlet Phnom Penh yang bocor. Kondisinya saat itu hujan deras mengguyur kota. Tiga atlet yang mengisi kamar itu akhirnya pindah kamar setelah kejadian.

Tak sampai di situ, jagat maya ramai memperbicangkan tim bulu tangkis Kamboja yang dituding memainkan atlet Tiongkok Zhou Meng yang berubah nama menjadi Chourng Meng.

Untuk pertama kalinya di SEA Games, Kamboja memetik emas pada cabor bulu tangkis nomor beregu campuran.

Baca juga : Dirikan RANS Tennis, Raffi Ahmad Dukung Peraih Emas SEA Games 2023

Nomor tersebut untuk pertama kali pula dimainkan di SEA Games serta dilabeli special event karena pesertanya hanya dari tuan rumah, Myanmar, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste, dengan tujuan membantu pengembangan bulu tangkis.

Kontroversi teranyar terjadi di cabor pencak silat ketika atlet Kamboja, Non Sromoachkroham, mendulang emas di nomor tanding kelas di bawah 45 kg setelah menang WO tanpa bertanding.

Lawannya di final pesilat Indonesia Bayu Lesmana yang akhirnya meraih perak diduga dipaksa mengalah dari tuan rumah. Video Bayu yang bersedih viral dibagikan di media sosial. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat