visitaaponce.com

Erick Thohir Hidupkan Kembali Revolusi Mental Jokowi

Erick Thohir Hidupkan Kembali Revolusi Mental Jokowi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir(Instagram @erickthohir)

TIMNAS U-22 berhasil menyumbangkan medali emas sepak bola bagi Indonesia di SEA Games 2023. Mental dan nyali yang kuat para pemain Garuda Muda membuat Indonesia mengakhiri puasa medali emas di cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games selama 32 tahun.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendorong agar inspirasi keberhasilan Timnas U-22 sebagai langkah yang bagus dalam memulai revolusi mental. Hal itu agar masyarakat mampu terdorong memiliki semangat dan mental yang kuat, pekerja keras dan bangkit sebagai bangsa pemenang. 

Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan gagasan revolusi mental yang terinspirasi dari sepak bola dijadikan Erick Thohir sebagai sebuah bentuk pengejawantahan atau perwujdudan program Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga : Komisi X DPR Apresiasi Tangan Dingin Erick Thohir Bawa Perubahan Besar di Sepak Bola Indonesia

Menurutnya, revolusi mental merupakan gagasan yang dikampanyekan Presiden Jokowi sejak Pilpres 2014 dan 2019 sehingga terpilih menjadi presiden. Hal itu kini mulai dihidupkan kembali Erick Thohir dengan kerja nyatanya.

“Nah, Erick  menunjukkan sebenarnya dialah yang dianggap mampu untuk mengejawantahkan atau mengimplementasikan beberapa program atau diksi dari Presiden Jokowi yang sekarang itu redup,” ujar Igor, Minggu (21/5).

Igor menambahkan, Erick Thohir, yang juga Menteri BUMN, berhasil menjalankan spirit revolusi mental Jokowi dengan baik, berkorelasi positif dengan kerja kerasnya memberikan motivasi terhadap kinerja BUMN sehingga tertanam mental juara.

Baca juga : Pengamat Puji Sentuhan Nonteknis Erick Thohir

Hal itu tercermin dalam laporan keuangan masing-masing perusahaan plat merah. Pendapatan konsolidasi BUMN pada kuartal I-2023 menyentuh Rp730 triliun, naik 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang Rp630 triliun.

Pada 2022, laba bersih BUMN secara konsolidasi mencapai Rp303,7 triliun. Dengan demikian, terdapat kemungkinan peningkatan laba yang sangat signifikan sebesar Rp179 triliun. Dengan laba yang terus meningkat tersebut diperkirakan negara akan mendapatkan dividen tidak kurang dari Rp80,2 triliun.

“Revolusi mental ini nyaris tidak terdengar wus wus kaya iklan itu ya, dihidupkan lagi oleh Pak Erick Thohir, di samping menjadi menteri BUMN yang dia bisa meraup keuntungan triliunan lalu dia memenangkan SEA Games menjadi ketua PSSI dan sukses,” paparnya.

Baca juga : Emas itu Kembali

Lanjut Igor, kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 kemarin, dapat sedikit terobati oleh prestasi timnas U-22 meraih medali emas di SEA Games Kamboja di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai ketua PSSI.

Dikatakan Igor, revolusi mental Presiden Jokowi dapat diteruskan oleh Erick Thohir sebagai motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.

“Di bawah Erick Thohir, Indonesia mampu tuh di SEA Games lalu juara, dia sekarang punya tugas untuk mentransformasikan bagaimana Indonesia itu memiliki gagasan menghidupkan lagi gagasan revolusi mental sebagai tulang punggung lah menuju Indonesia emas 2045,” jelasnya.

Baca juga : Komisi X Sebut Erick Thohir Bawa Perubahan Positif Bagi PSSI dan Timnas

“Yang Pak Jokowi bilang di Musra itu 13 tahun lagi kita akan menjadi negara maju kalau tidak salah jalan nah salah satunya itu Revolusi Mental,” imbuhnya.

Selain itu, Igor menjelaskan salah satu tokoh yang di-endorse oleh Presiden Jokowi untuk menjadi penerusnya sebagai cawapres terkuat yaitu Erick Thohir.

Nama Erick Thohir, kata Igor, menurut hasil survei yang dilakukan lembaganya, memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres yang dapat membantu mendongkrak perolehan suara capres pasangannya.

Baca juga : Timnas U-22 Perkasa di Dua Laga, Erick: Jaga Mental dan Kebersamaan

“Erick Thohir itu salah satu cawapres yang sebenarnya di endorse oleh Pak Jokowi. Nah cawapres ini menjadi salah satu bentuk kemenangan nanti siapa yang kelak bisa menjadi pemenang dalam 2024. Cawapres yang beredar sekarang yang tinggi elektabilitasnya itu Erick Thohir,” jelasnya.

“Sebenarnya Pak Erick paling bisa yang menjadi cawapres unggulan karena dia mampu mengimplementasikan gagasan Pak Jokowi terkait apa yang ingin dicapai Indonesia salah satunya itu Revolusi Mental,” tukas Igor.

Sebelumnya, Erick Thohir menggelorakan kebangkitan sepak bola Indonesia sekaligus revolusi mental setelah meraih medali emas SEA Games 2023.

Baca juga : Revolusi Mental Sepak Bola Erick Thohir Dinilai Kelanjutan Program Jokowi

Hal tersebut disampaikan Erick saat mengikuti konvoi medali emas di sepanjang kawasan Sudirman. Saat arak-arakan tepat berada di Bundaran Hotel Indonesia, Erick menyampaikan pidato singkat.

"Kita bangkitkan sepak bola Indonesia. Kita revolusi mental dari sepak bola. Setuju? Terima kasih. Siapa kita? Indonesia!" Teriak Erick Thohir.

Pesan yang sama kembali diucapkan Erick ketika rombongan pemain tiba di VIP Barat SUGBK.

"Revolusi mental kita mulai dari sepak bola. Setelah itu revolusi mental untuk Indonesia. Mau juara lagi? Sabar, satu satu," ucap Erick di atas panggung.

Timnas Indonesia U-22 menjalani kirab medali emas SEA Games bersama atlet lainnya pada Jumat (19/5). Ini sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan meraih medali emas SEA Games setelah 32 tahun (terakhir 1991). (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat