visitaaponce.com

Permainan Bola Besar Pengertian, Contoh, dan Manfaat

Permainan Bola Besar: Pengertian, Contoh, dan Manfaat
Apa itu permainan bola besar? Berikut penjelasan, contoh, dan manfaatnya.(Freepik)

PERMAINAN bola besar adalah jenis olahraga yang menggunakan bola berukuran besar sebagai objek yang digerakkan pemain. Ukuran bola tersebut menentukan anggota tubuh yang digunakan untuk menggerakkannya. 

Secara lengkap, permainan bola besar merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu di lapangan, dengan menggunakan bola yang memiliki diameter lebih dari 50 cm.

Tujuan dari permainan bola besar adalah membantu mengembangkan stamina tubuh agar pemain tidak mudah lelah dalam beraktivitas. Setiap jenis permainan bola besar memiliki aturan sendiri yang harus diikuti.

Baca juga: Rahasia Diet Sehat Meski Kerjaan Sedang Padat, Begini Caranya

Berikut adalah beberapa contoh permainan bola besar beserta penjelasannya.

1. Sepak Bola

Sepak bola adalah jenis olahraga bola besar yang paling populer di seluruh dunia. Asalnya dari Tiongkok. Permainan ini melibatkan dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain dan menggunakan bola berdiameter sekitar 68-71 cm. Pertandingan sepak bola terdiri dari 2 babak, dengan durasi 2x45 menit (90 menit).

Baca juga: Kawah Gunung Berapi ini Disulap jadi Lapangan Sepak Bola

Jeda istirahat selama 15 menit diberikan setelah babak pertama. Jika kedua tim masih imbang setelah 90 menit, maka akan diberikan waktu tambahan maksimal 2x15 menit. Lapangan sepak bola memiliki standar dengan panjang 100-110 meter dan lebar 60-65 meter, berbentuk persegi panjang.

2. Bola Basket

Bola basket adalah jenis olahraga bola besar yang memanfaatkan kekuatan tangan untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan. Permainan ini melibatkan dua tim, masing-masing terdiri dari 5 pemain. Setiap tim juga memiliki 5 pemain cadangan yang bisa digunakan untuk pergantian.

Pertandingan bola basket berlangsung selama 4 babak, masing-masing 10 menit dengan jeda waktu 10 menit di antara babak. Bola yang digunakan memiliki diameter sekitar 74-75 cm dan berat sekitar 624 gram. Terdapat 2 standar lapangan yang digunakan, yaitu 28,5 x 15 meter menurut National Basketball Association (NBA) dan 26 x 14 meter menurut Federasi Bola Basket Amatir Internasional (FIBA).

3. Bola Voli

Bola voli juga merupakan permainan bola besar yang melibatkan dua tim yang saling bertanding. Net digunakan untuk membagi wilayah masing-masing tim. Bola voli melibatkan 6 pemain dari setiap tim.

Bola yang digunakan dalam pertandingan voli memiliki diameter sekitar 65-67 cm dengan berat sekitar 260-280 gram. Tim yang pertama mencapai skor 25 poin menjadi pemenang pada set tersebut. Biasanya pertandingan bola voli terdiri dari 3-5 set.

4. Futsal

Olahraga ini merupakan hasil pengembangan dari sepak bola. Futsal juga dikenal sebagai versi mini sepak bola. Permainan ini tidak membutuhkan lapangan terlalu besar dan bisa dimainkan di dalam ruangan.

Satu tim futsal terdiri dari 5 pemain utama dan 2 pemain cadangan. Pertandingan berlangsung selama 2x20 menit dengan istirahat selama 10 menit. Jika diperlukan, waktu tambahan maksimal 2x5 menit akan diberikan. Bola yang digunakan dalam futsal berdiameter sekitar 62-64 cm dan berat sekitar 400-440 gram.

5. Sepak takraw

Sepak takraw adalah permainan bola besar yang menggunakan kaki untuk mencetak skor dengan memasukkan bola ke wilayah lawan. Permainan ini dikombinasikan dari voli dan sepakbola. Terdapat net yang membagi wilayah kedua tim. Bola yang digunakan terbuat dari anyaman rotan dengan 12 lubang dan 9-11 anyaman serta memiliki lingkar 42-44 cm untuk putra dan 43-45 cm untuk putri.

6. Rugby

Rugby adalah olahraga bola besar yang memiliki bentuk bola unik. Bola rugby berbentuk lonjong atau oval. Panjang bola sekitar 280-330 mm, dengan lingkar panjang 740-770 mm dan lingkar lebar 580-620 mm.

Pertandingan rugby berlangsung selama 90 menit, terbagi menjadi time lost, extra time, dan special conditions. Terdiri dari dua babak, tim bertukar tempat setelah babak pertama berakhir.

7. Voli pantai

Voli pantai adalah olahraga yang dimainkan oleh tim yang terdiri dari dua orang, di atas pasir dan dipisahkan net. Lapangan untuk pertandingan voli pantai berbentuk persegi panjang berukuran 16 x 8 m dengan zona lebar minimal 3 m di semua sisi.

Permainan voli pantai terdiri dari tiga set. Tim yang berhasil memenangkan dua set pertama menjadi pemenang. Setiap set terdiri dari 21 poin.

8. Bola tangan

Bola tangan adalah jenis olahraga bola besar yang dimainkan 2 tim dengan masing-masing beranggotakan 6 orang dan 1 penjaga gawang. Pertandingan berlangsung selama 2x30 menit dengan jeda istirahat selama 10 menit. Lapangan berukuran 20 x 20 m dengan garis lemparan bebas sejauh 9 m dari gawang dan garis penalti sejauh 7 meter.

9. Bowling

Bowling adalah jenis olahraga bola besar yang melibatkan lemparan bawah dengan satu tangan. Bola digelindingkan sesuai jalur lintasan 10 pin. Jika 10 pin jatuh semua dalam satu lemparan, disebut sebagai strike.

10. Polo air

Polo air adalah olahraga bola besar berkelompok yang kurang populer di Indonesia. Permainan ini adalah kombinasi renang, gulat, sepak bola, dan bola basket. Dimainkan dengan memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Tim polo air terdiri dari 6 pemain dan 1 penjaga gawang. Bola yang digunakan berbentuk lonjong dengan panjang 280-330 mm, lingkar panjang 740-770 mm, dan lingkar lebar 580-620 mm. Pertandingan terbagi dalam dua babak dengan waktu tambahan jika diperlukan.

Manfaat 

  • Meningkatkan kekompakan tim
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Membantu pertumbuhan tinggi badan
  • Menjaga berat badan ideal
  • Memperkuat kesehatan mental

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat