visitaaponce.com

Hamad Medjedovic Ciptakan Kejutan, Menjadi Juara Termuda dalam Sejarah Next Gen ATP Finals

Hamad Medjedovic Ciptakan Kejutan, Menjadi Juara Termuda dalam Sejarah Next Gen ATP Finals
Hamad Medjedovic berhasil menjuarai Next Gen ATP Finals di Jeddah, usia mengalahkan Arthur Fils 3-4 (6/8), 4-1, 4-2, 3-4 (9/11), 4-1.(ATP)

Hamad Medjedovic, protege Novak Djokovic, menciptakan kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama Arthur Fils 3-4 (6/8), 4-1, 4-2, 3-4 (9/11), 4-1 untuk meraih gelar Next Gen ATP Finals di Jeddah.

Berada di peringkat 110 dunia, Medjedovic menjadi juara dengan peringkat terendah dalam sejarah turnamen ini untuk pemain berusia 21 tahun ke bawah. Ia juga menjadi orang Serbia pertama yang mengangkat trofi Next Gen Finals.

Setelah tak terkalahkan selama fase grup dan meraih gelar, Medjedovic menerima hadiah sebesar US$514.000 untuk kemenangannya, hampir US$100.000 lebih tinggi dari total penghasilan hadiah karirnya.

Baca juga: Fils Melaju ke Final Next Gen

Kemenangan ini datang hanya dua minggu setelah mentornya dan sesama warga negara, Novak Djokovic, mengangkat trofi ATP Finals ke-7 di Turin.

"Ini adalah sesuatu yang bagus tentu saja. Kami berdua dari Serbia, dia memenangkan Masters besar, yang sebenarnya, dan saya memenangkan Next Gen, tentu saja ini hal besar dan saya sangat senang mengikuti jejaknya dengan cara tertentu," kata Medjedovic, yang terkejut dan terguling di tanah setelah mengonversi poin juara ketiganya.

Baca juga: Nadal akan Lakukan Comeback di Brisbane International

"Rasanya sangat istimewa. Saya tidak bisa percaya, saya masih tidak percaya. Ini tentu akan memberi saya banyak kepercayaan diri untuk 2024. Tentu saja, Arthur adalah pemain luar biasa. Dari segi peringkat, dia jauh lebih baik daripada saya, dia berada di urutan 40 besar dengan alasan, dia sangat bagus. Saya hanya sangat senang."

Fils, kandidat utama untuk penghargaan ATP Newcomer of the Year, telah mengalami tahun 2023 yang gemilang, naik dari peringkat 251 dunia di awal tahun menjadi peringkat tertinggi dalam karirnya saat ini, yaitu 36.

Meskipun tanpa selebrasi 'Siu' ala Cristiano Ronaldo setelah kemenangan seperti yang dia lakukan setiap kali di Jeddah, Fils memiliki banyak alasan untuk bersemangat, terutama karena dia akan pergi ke Kuwait pekan depan untuk blok latihan dengan juara Grand Slam 22 kali, Rafael Nadal, yang sedang merencanakan kembalinya ke tur setelah absen selama setahun akibat cedera.

"Ini luar biasa. Saya akan berlatih selama satu atau dua minggu dengan Rafael Nadal, jadi saya sangat senang. Saya akan menikmati setiap waktu di lapangan bersamanya dan saya akan mencoba yang terbaik untuk bermain dengannya dan belajar darinya," kata Fils.

Medjedovic memasuki final dengan 50 ace, terbanyak dalam turnamen, melalui empat pertandingan, dan Fils tahu dia harus membuat pernyataan awal pada pukulan servis untuk memberi pesan kuat kepada lawannya.

Tiga ace dari Fils dalam game pembuka pertandingan menetapkan nada untuk apa yang akan terjadi, karena keduanya menggabungkan total 13 ace dalam set pertama, yang diambil oleh pemain Prancis itu setelah menyelamatkan dua set poin dalam tiebreak.

Medjedovic yang frustrasi menghancurkan raketnya setelah menyia-nyiakan dua peluang itu dan mengambil istirahat toilet antar set untuk mengganti pakaiannya dan menenangkan diri. Trik ini berhasil karena pemuda Serbia berusia 20 tahun itu mematahkan servis lawan di awal set kedua menuju keunggulan 3-0 dan menyamakan kedudukan final menjadi satu set.

Medjedovic melonjak ke keunggulan 2-0 dalam set ketiga, dan hanya kehilangan sembilan poin secara total sejak menghancurkan raketnya setelah kalah dalam set pertama. Momentum jelas berada di pihaknya, dan pemuda yang dilatih oleh Viktor Troicki itu tampak tidak terhentikan saat dia mengambil set ketiga hanya dalam 20 menit, tanpa kehilangan satu pun poin di pukulan servisnya.

Voli jeda yang luar biasa dari Fils membuatnya mendapatkan dua poin break pada skor 2-1 di set keempat, tetapi Medjedovic menyelamatkan keduanya untuk mempertahankan servisnya dengan klas. Fils meningkatkan permainannya ketika ia memaksa tiebreak dan menyelamatkan dua poin juara sebelum merebut set pada kesempatan ketiganya, membawa pertandingan ini ke set kelima.

Medjedovic lagi-lagi meninggalkan lapangan untuk istirahat toilet dan menemukan iramanya setelah kembali, mematahkan servis Fils untuk menciptakan keunggulan 3-0. Itu semua yang dibutuhkannya untuk mendapatkan kembali kendali atas pertandingan dan dia menyelesaikannya dengan ace ke-19-nya.

Next Gen Finals adalah turnamen yang disetujui ATP pertama yang diselenggarakan di Arab Saudi, dengan Jeddah akan menjadi tuan rumah acara ini hingga 2027. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat