visitaaponce.com

Temur Kuybokarov Puncaki Klasemen Kategori Grand Master

Temur Kuybokarov Puncaki Klasemen Kategori Grand Master
Pecatur Australia Temur Kuybokarov (kanan) melawan pecatur Vietnam Dao Thien Hai(DOK PERCASI)

PECATUR Australia GM Temur Kuybokarov berhasil memuncaki klasemen kategori Grand Master di turnamen catur Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024. Pecatur yang memiliki elo rating 2.600 itu, untuk sementara memuncaki klasemen dengan 2 poin menyusul keberhasilannya menaklukkan pecatur Vietnam, Dao Thien Hai (2475), Rabu (24/4) siang, di Artotel Gelora Senayan, Jakarta.

Posisi kedua untuk kategori Grand Master ditempati pecatur muda Indonesia, IM Aditya Bagus Arfan, juga dengan dua angka kemenangan. Lawan yang dikalahkan oleh pecatur berelo rating 2407 adalah rekan senegaranya, IM Gilbert Elroy Tarigan (2330).

Pada babak ketiga yang akan dilangsungkan Kamis (25/4) pagi, Aditya akan menghadapi Kuybokarov, di papan keenam.

Baca juga : Menanti GM dan IM Baru dari Pertamina Indonesian GM Tournament 

Menurut Ketua Bidang Pembinaan PB Percasi, Kristianus Liem, partai antara Kuybokarov vs Aditya akan menjadi partai yang menarik. “Kuybokarov merupakan pecatur hebat. Di babak pertama dia mengalahkan Susanto Megaranto,” ujar Kris.

Pada pertandingan lainnya, GM Novendra Priasmoro (2494) yang sukses menumbangkan GM Eugene Torre, hari ini dipaksa bermain remis oleh WGM Medina Warda Aulia (2372).

Sementara Susanto pada babak kedua berhasil mempecundangi Legenda Catur Asia asal Filipina, GM Eugene Torre (2425).

Baca juga : Percasi Gelar Pertamina Indonesian GM Tournament 

“Meskipun saya bisa mengalahkan Torre, tapi di usianya yang sudah 70-an, Dia adalah pecatur hebat. Saya membuat dia krisis waktu, baru bisa mengalahkannya,” kata Susanto yang memulai permainannya dengan pembukaan London System.

Di kategori IM, pecatur putri Indonesia, Ummi Fisabillilah, yang digadang-gadang bakal meraih norma IM di turnamen justru dikalahkan WGM Nguyen Thi Mai Hung (2179) dari Vietnam.

Sebelumnya di babak pertama, Ummi yang memegang buah hitam, memaksa remis pecatur Myanmar, IM Wynn Zaw Htun. Dari dua laga yang telah dimainkan, Ummi baru mengoleksi 0,5 angka.

Kamis (25/4), Ummi yang memegang buah putih ditantang IM Garcia Jan Emmanuel (2408) dari Filipina.

‘Pertamina Indonesian GM Tournament 2024’ berlangsung sejak 22 April-1 Mei, memainkan 11 babak pertandingan. (Z-6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat