visitaaponce.com

Jadi Sponsor Utama AFF, Shopee Cup Asean Club Championship 202425 Resmi Dimulai

Jadi Sponsor Utama AFF, Shopee Cup Asean Club Championship 2024/25 Resmi Dimulai
Shopee jadi sponsor utama Asean Club Championship 2024/25(Ilustrasi)

FEDERASI Sepak Bola Seluruh Asia Tenggara (AFF) telah secara resmi mengumumkan kembali kolaborasinya dengan Shopee, e-commerce raksasa, sebagai sponsor utama turnamen klub di Asia Tenggara yang diberi nama Shopee Cup. Setelah sukses menjadi sponsor utama Liga 1 di Indonesia, Shopee kini memperluas kemitraannya sebagai sponsor utama turnamen antarklub di kawasan Asia Tenggara.

Mendengar nama AFF, Anda mungkin langsung teringat pada perjalanan gemilang Timnas Indonesia dalam ajang AFF Suzuki Cup pada tahun 2010. Pada saat itu, Indonesia dan Vietnam dipercaya sebagai tuan rumah turnamen prestisius ini di Asia Tenggara. Indonesia berhasil melangkah ke final dengan pencapaian yang mengesankan, termasuk meraih poin sempurna dan menjadi juara grup A dalam kompetisi tersebut.

Shopee Cup, berbeda dengan piala AFF sebelumnya, dirancang untuk menyatukan klub-klub terkemuka dari seluruh Asia Tenggara. Kompetisi ini akan menampilkan klub sepak bola dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Baca juga : Federasi Sepak Bola ASEAN Umumkan Shopee jadi Mitra Resmi Utama Shopee Cup™ ASEAN Club Championship

Chief Commercial Officer (COO) Shopee Zhou Jun Jie menyatakan kegembiraannya atas kemitraan dengan AFF.

"Kami sangat bangga menjadi mitra utama Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dalam pelaksanaan acara utama pertama, Shopee Cup™. Melalui Shopee Cup™, kami memiliki kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan terhubung dengan generasi muda. Dengan kemitraan ini, kami berharap dapat memperluas cakupan Shopee dan tetap menyajikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pengguna kami."

Baca juga : Barati Grassroot Football Fest Seleksi Para Telanta Sepak Bola Belia

Mayor Jenderal Khiev Sameth, Presiden AFF, menyatakan bahwa kerja sama ini adalah momen bersejarah bagi dunia sepak bola ASEAN. Menurutnya, Shopee Cup akan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan masa depan cerah bagi klub-klub sepak bola ASEAN dan mengubah dinamika permainan di wilayah ini. Dia menegaskan bahwa turnamen ini akan memberikan dorongan bagi klub-klub terkemuka di kawasan untuk meraih gelar juara ASEAN dan sukses di tingkat Asia.

Baca juga : Tays Bakers Dukung Tim Remaja RI Berlaga di Ajang Gothia Cup 2023

"Kami merasa sangat bangga dapat bekerja sama dengan Shopee, sebuah perusahaan lokal ASEAN yang memiliki reputasi global dan menjadi mitra utama pertama dalam ASEAN Club Championship. Bersama-sama, kami menciptakan sejarah dengan memajukan dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN."

Mayor Jenderal Khiev Sameth juga menambahkan bahwa AFF sangat mengapresiasi kerja sama dengan Shopee.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dan mitra komersial kami, SPORTFIVE, untuk mengadakan acara berkelas dunia dan meningkatkan basis penggemar ASEAN ke level yang belum pernah tercapai sebelumnya," katanya.

Baca juga : La Liga Ingin Lebih Erat dengan Indonesia

Turnamen Shopee Cup akan diselenggarakan dalam format liga yang meliputi babak play-off kualifikasi dan fase grup. Shopee Cup dijadwalkan akan dimulai pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga tanggal 21 Mei 2025.

Tim mana saja yang berhak mengikuti turnamen ini? Tim yang berhasil menjadi juara Liga Nasional dan runner-up (atau juara turnamen lainnya) dapat berpartisipasi dalam Shopee Cup. Setiap negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam akan mengirimkan dua tim.

Sementara itu, Filipina dan Singapura akan masing-masing mengirimkan satu tim. Sedangkan, juara Liga Nasional dari Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing lagi untuk merebut dua tempat di fase grup melalui babak play-off kualifikasi.

Setelah itu, 12 klub akan dibagi menjadi dua grup untuk bersaing dengan format pertandingan tandang dan kandang. Dua tim teratas dari setiap grup akan melaju ke babak semifinal, yang juga akan menggunakan sistem pertandingan kandang dan tandang. Informasi mengenai format kompetisi, jadwal, dan daftar klub peserta Shopee Cup™ 2024/25 akan diumumkan pada saat Pengundian Resmi yang akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Mei. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat