visitaaponce.com

Celtics Juara NBA, Torehkan Sejarah Raih Gelar Ke-18

Celtics Juara NBA, Torehkan Sejarah Raih Gelar Ke-18
Joe Mazzulla.(AFP/Jacob Kupferman)

BOSTON Celtics menorehkan tinta sejarah di NBA dengan kesuksesan merengkuh titel ke-18. Celtics keluar sebagai juara musim 2023/2024 setelah mengalahkan Dallas Mavericks 106-88 pada gim lima final NBA di TD Garden, Selasa (18/6) WIB.

Kemenangan di kandang pada laga kelima tersebut membuat Celtics unggul 4-1. Celtics kini menjadi tim dengan gelar terbanyak. Torehan 18 gelar melampaui milik sang rival LA Lakers yang mengoleksi 17 trofi.

Kemenangan Celtics juga terasa spesial karena bertepatan 16 tahun setelah mereka terakhir kali meraih gelar ke-17. "Sungguh menyenangkan menyaksikan para pemain berkembang sebagai sebuah tim sepanjang tahun namun juga benar-benar bekerja keras," kata pelatih Celtics Joe Mazzulla dilansir USA Today.

Baca juga : Pelatih Boston Celtics Puji Kehebatan Jayson Tatum

"Ada sekelompok pemain di ruang ganti yang memutuskan ingin menang sejak hari pertama dan saya memuji mereka," imbuhnya. 

Mazzulla yang berusia 35 tahun juga menjadi pelatih termuda yang sukses meraih gelar juara sejak Bill Russell pada 1969.

Dua bintang Celtics tampil trengginas. Jayson Tatum tampil gemilang pada laga tersebut dengan 31 poin, delapan rebound, dan 11 assist. Jaylen Brown juga tak kalah gemilang dinobatkan sebagai MVP laga final dengan 21 poin, delapan rebound, dan enam assist.

Baca juga : Mazzulla Bangga Bawa Celtics Menang di Laga Debutnya Sebagai Pelatih Interim

Brown memperoleh penghargaan MVP dengan rata-rata 20,8 poin, 5,4 rebound, dan 5 assist dalam lima seri pertandingan. Dia juga secara konsisten meredam  bintang Mavericks, Luka Doncic.

"Itu upaya tim penuh dan saya berbagi ini dengan saudara-saudara saya dan mitra kejahatan saya Jayson Tatum. Dia selalu bersamaku, jadi kami berbagi (penghargaan) ini bersama-sama," kata Jaylen Brown dikutip ESPN.

Dengan kemenangan itu, Celtics menyelesaikan babak playoff dengan skor 16-3 berada di urutan kedua setelah Golden State Warriors musim 2016/2017 (16-1) sejak NBA memainkan babak playoff best-of-seven pada 2003.

Baca juga : Boston Celtics vs Dallas Mavericks, Menang di Gim 5, Celtics Juara NBA

Titel juara kali ini seakan menjadi pelepas dahaga bagi kubu Celtics. Sebelumnya, mereka memainkan lebih banyak pertandingan selama rentang delapan musim tanpa memenangi gelar. Mereka kalah tahun lalu dari Miami Heat. Musim 2021/2022 mereka juga kalah dari Warriors di final.

Sepanjang babak playoff, pelatih Celtics Joe Mazzulla dan para pemainnya memperkuat gagasan permainan secara kolektif. Delapan pemain rotasi turut memberikan kontribusi yang besar.

Selain Jaylen Brown dan Jayson Tatum, ada pemain veteran Al Horford dan Jrue Holiday. Derrick White, Kristaps Porzingis Sam Hauser, dan Payton Pritchard juga berkontribusi dalam banyak serangan dan sisi pertahanan untuk meredam Mavericks.

Di kubu Mavericks, Luka Doncic menyumbang 28 poin, 12 rebound, dan lima assist. Sementara itu, Kyrie Irving harus berjuang susah payah. Dia mengakui kesulitan bermain melawan mantan timnya di TD Garden.

"Saya bangga dengan setiap pemain kami, pelatih, dan semua orang yang mendukung kami. Kami tidak memenangi final tetapi kami menjalani musim yang sangat luar biasa dan saya bangga dengan semuanya," kata Doncic. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat