visitaaponce.com

Indonesia Kunci Tambahan Dua Tiket Panahan Beregu Putri Olimpiade 2024

Indonesia Kunci Tambahan Dua Tiket Panahan Beregu Putri Olimpiade 2024
Indonesia memastikan tambahan dua tiket panahan Olimpiade Paris 2024(Dok)

INDONESIA memastikan tambahan dua tiket panahan Olimpiade Paris 2024 dari perebutan sisa tiket berdasarkan kuota rangking dunia. Tambahan tersebut didapat dari babak eliminasi beregu recurve putri di ajang Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) 3, yang berlangsung di Antalya, Turki, Kamis (20/6). 

Dua tiket tambahan dari beregu putri ini, merupakan buah dari perjuangan Tim Beregu Recurve Putri yang di masa kepemimpinan Arsjad Rasjid, sejak 2023 lalu terus berlaga di beberapa kompetisi resmi panahan dunia.

“Kita patut bersyukur karena kegigihan Tim Beregu Recurve Putri Indonesia yang kembali membuka lebar peluang Indonesia untuk mendapatkan medali di Olimpiade Paris. Dengan dua tiket ini, Panahan Indonesia dapat berlaga di kategori individu putra dan putri, beregu putri, dan beregu campuran (mixed) pada Olimpiade Paris nanti,” ujar Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid dalam keterangannya, Jumat (21/6). 

Baca juga : Ikut Kejuaraan di Turki, Tim Panahan Putri Buru Tiket Olimpiade Paris 2024

Arsjad menegaskan, melihat peta persaingan panahan dunia saat ini, peluang Indonesia untuk mendapatkan medali memang tidak mudah. Karena itu, setelah dari turnamen Antalya, pihaknya akan fokus mempersiapkan Tim Panahan Indonesia untuk berlaga di Olimpiade Paris. 

“Kami ingin atlet bisa senyaman mungkin bertanding di Olimpiade Paris nanti, karena tantangan dan persaingan yang tidak mudah. Semoga Panahan Indonesia bisa kembali menyumbangkan medali setelah terakhir pada 1988 silam,” ujarnya. 

Sementara itu, manager Tim Panahan Indonesia Azis Armand menambahkan, pihaknya selalu mendorong Tim Panahan Indonesia untuk mencapai prestasi tertinggi pada setiap turnamen yang diikuti. Dua tiket yang diraih tersebut merupakan hasil dari kerja keras semua pihak, berkat perhitungan yang matang dan kerja sama tim yang solid. 

Baca juga : Panahan Targetkan Dapat Dua Tiket Olimpiade Paris 2024 dari Kejuaraan Dunia

“Kami juga mengapresiasi perjuangan para atlet panahan Indonesia yang terus gigih dan berlatih keras dalam mencapai target yang ditetapkan. Mereka dapat keluar dari tekanan dan terima kasih untuk dukungan semua pihak atas keberhasilan Tim Panahan Indonesia ini,” tutur Azis. 

Sementara salah satu atlet, Syifa Nur Afifah mengaku sejak bergabung di pelatnas panahan Indonesia selalu memotivasi diri sendiri untuk dapat berkontribusi maksimal demi kejayaan panahan Indonesia. 

Menurutnya, tugas berat yang menantang adalah menyumbangkan tiket Olimpiade Paris bersama dua rekan lainnya, Diananda Choirunnisa dan Rezza Octavia. 

Baca juga : Panahan Amankan Dua Tiket Tambahan ke Olimpiade Paris 2024 untuk Kontingen Indonesia

“Saya bersyukur bisa melewati beberapa turnamen kualifikasi Olimpiade Paris tahun ini dengan baik. Tidak lupa, ada juga kontribusi dari rekan panahan lainnya, Alpriaini Eka Setiowati, Anindya Nayla Putri, dan Catharine Thea Darma dalam perebutan tiket beregu ini. Ini persembahan untuk Indonesia,” pungkasnya. 

Beregu Recurve Putri Indonesia saat ini menduduki rangking 9 dunia dengan total poin 179,5. Total poin tersebut diperoleh dari keikutsertaan Beregu Recurve Putri pada ajang AWCS 1 di Yecheon, Korea Selatan tahun ini, AWCS 2 di Shanghai, China tahun ini, World Cup Championship di Berlin, Jerman tahun lalu, dan AWCS 3 di Shanghai, China tahun lalu. Keempat turnamen tersebut merupakan event resmi dalam perhitungan poin menuju Olimpiade Paris. 

Pada AWCS 1 dan 2 tahun ini, Beregu Recurve Putri Indonesia menempati peringkat keempat dan mendapat total 48 poin untuk masing-masing turnamen. Sementara itu, pada Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Indonesia finis di peringkat 6 dan mendapatkan 47,5 poin, sedangkan di AWCS 3 Shanghai tahun lalu, Indonesia finis di peringkat ke-4 dengan perolehan 36 poin.

Baca juga : Asian Games Jadi Bekal Tim Panahan Menuju Olimpiade Paris 2024

Pada AWCS 3 di Antalya tahun ini, Beregu Recurve Putri Indonesia diperkuat oleh Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah. Tahun lalu, Beregu Recurve Putri Indonesia juga pernah diperkuat oleh Alpriaini Eka Setiowati, Anindya Nayla Putri, dan Catharine Thea Darma.

Pesaing terdekat Indonesia dalam perebutan tiket beregu adalah Beregu Recurce Putri Jepang. Namun, dengan menjadi juara ketiga di AWCS 3 di Antalya, perolehan poin Jepang tidak dapat menyamai total poin Indonesia. Dengan meraih medali perunggu, Jepang berhak menambah 64 poin, sehingga total poinnya menjadi 159 atau tidak mampu mengungguli Indonesia di peringkat 9 dengan total 179,5 poin.

Seperti diketahui, hanya ada dua negara dengan peringkat akhir tertinggi yang berhak atas dua kuota tiket berdasarkan rangking dunia. Sementara itu, peringkat 1 hingga 7 beregu recurve putri dunia yang berada di atas Indonesia sudah mengantongi tiket Olimpiade Paris. Dengan hasil pertandingan terakhir di Antalya hari ini, India dan Indonesia berhak atas tiket beregu putri tersebut. Pasalnya, peringkat India dan Indonesia adalah yang tertinggi dan sudah tidak dapat dikejar negara lain. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat