visitaaponce.com

Asian Games Jadi Bekal Tim Panahan Menuju Olimpiade Paris 2024

Asian Games Jadi Bekal Tim Panahan Menuju Olimpiade Paris 2024
Tim Panahan Indonesia berlaga di Asian Games Hangzhou(Antara/Hafidz Mubarak A)

TIM panahan Indonesia baru mendulang dua medali perunggu di ajang Asian Games 2022 Hangzhou. Meski belum menyumbang emas, persaingan ketat di Hangzhou menjadi bekal mental skuad Merah Putih menatap Olimpiade 2024.

Tim panahan menyumbang satu medali perunggu di nomor recurve beregu putra pada perlombaan yang berlangsung di Fuyang Yinhu Sports Centre, Jumat (6/10).

Trio pemanah Riau Ega Agata Salsabilla, Ahmad Khoirul Baasith, dan Arif Dwi Pangestu mengalahkan Iran 6-2 perempat final. Hanya saja, di semifinal mereka dibekap Korea Selatan 0-6.

Berlaga di babak perebutan perunggu melawan Mongolia, Indonesia tampil solid dengan kemenangan 6-0. Ini menjadi kali pertama dalam 41 tahun tim recurve putra mendukang medali.

Sementara itu, tim recurve beregu putri belum berhasil menyumbangkan medali setelah kandas di tangan Korea Selatan 0-6 pada babak perempat final.

Tambahan perunggu dari tim recurve putra menjadi medali kedua yang disumbangkan skuad panahan setelah perunggu di nomor recurve beregu campuran.

Perlombaan di Hangzhou menjadi modal tim panahan Indonesia dengan persaingan ketat kerap bertemu Korea Selatan. Negeri Gingseng itu memang dikenal kuat dan mendominasi khususnya di nomor recurve.

"Untuk diketahui perunggu ini tak mudah didapatkan oleh tim panahan. Karena ini Asian Games tapi rasa Olimpiade. Kita masih punya waktu mulai dari sekarang agar lebih fokus mempersiapkan ke jenjang lebih tinggi yaitu Olimpiade Paris 2024," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

"Kami lihat Korea ini memang (mentalnya) gold medalist Olimpiade. Bukan artinya kita tidak bisa tapi kita harus menuju kesana jadi kita harus benar-benar siapkan mental juara. Tantangannya enggak mudah, di perempat final Asian Games ini saja (kita sering) langsung lawan Korea," imbuh Okto.

Cabor panahan sudah mengantongi dua tiket ke Paris 2024. Diananda Choirunisa meraih tiket usai meraih perunggu di nomor recurve beregu campuran bersama Riau Ega Agatha. Sevelumnya, Arif Dwi Pangestu lebih dulu mengamankan tiket ke Paris.

Wakil Indonesia di Hangzhou masih akan bertanding yakni pada compound putri perorangan Ratih Zilizati Fadhly melawan atlet India pada perebutan medali perunggu, Sabtu (7/10). (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat