visitaaponce.com

Lalu Muhammad Zohri Raih Tiket ke Olimpiade Paris 2024 Lewat Kuota Universality Place

Lalu Muhammad Zohri Raih Tiket ke Olimpiade Paris 2024 Lewat Kuota Universality Place
Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri(AFP/Manan VATSYAYANA)

PENGURUS Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengungkapkan atlet lari 100 meter putra, Lalu Muhammad Zohri, akan tampil di Olimpiade Paris 2024 melalui jalur alokasi kuota universality place.

"Zohri mengisi kuota universality place untuk tampil di Olimpiade Paris 2024," kata Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung, melalui saluran telpon, Selasa (25/6).

Kuota universality places atau unqualified athletes merupakan salah satu sistem kualifikasi yang diterapkan federasi olahraga internasional yang mengizinkan National Olympic Comittee (NOC), yang gagal meloloskan atletnya ke salah satu cabang olahraga Olimpiade, untuk mengajukan satu atlet putra dan putri peringkat tertinggi agar tampil di Paris.

Baca juga : Catatan Waktu Lalu Muhammad Zohri Masih Jauh dari Target

Sebelumnya, pelari asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berjuang untuk ikut di ajang olahraga tertinggi dunia itu melalui jalur kualifikasi.

PB PASI bahkan mengirim Zohri untuk menjalani pemusatan latihan di Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti beberapa kejuaraan kualifikasi di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Zohri dibebani target waktu minimal 10 detik agar bisa lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Baca juga : Mulai Olimpiade Paris 2024, Atlet Atletik Peraih Medali Emas Olimpiade akan Dapat Hadiah Uang Rp792 Juta

Namun, Zohri tidak mencapai target seperti saat mengikuti kejuaraan 11th Kinami Michitaka Memorial Athletics Meet di Osaka, Jepang, dengan catatan waktu 10,38 detik.

Di Taiwan Atletik Terbuka 2024, Zohri berhasil finis urutan pertama pada babak final dengan catatan waktu 10,27 detik, namun belum mencapai target waktu Olimpiade Paris 2024.

Dengan mengisi kuota universality place, saat ini, Zohri menjadi satu-satunya atlet atletik yang dipastikan menjadi bagian dari kontingen Indonesia yang akan berjuang di Olimpiade Paris 2024. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat