visitaaponce.com

Francesco Bagnaia Menang Sprint GP Belanda Setelah Dominasi Sejak Awal

Francesco Bagnaia Menang Sprint GP Belanda Setelah Dominasi Sejak Awal
Francesco Bagnaia berhasil meraih kemenangan di Sprint GP Belanda setelah memimpin dari start hingga finis. (Akun X)

PEMBALAP Francesco Bagnaia merasakan kemenangan di Assen setelah mendominasi Sprint GP Belanda dari awal hingga akhir.

Pembalap Italia tersebut meluncur sempurna dari garis start untuk memimpin saingan gelar Jorge Martin menuju Tikungan 1.

Kecelakaan Lap 2 yang dialami Marc Marquez membuatnya keluar dari balapan lebih awal, kehilangan poin penting dalam perebutan gelar.

Baca juga : Francesco Bagnaia Sebut Bertandem dengan Marc Marquez pada Musim Depan Merupakan Tantangan Baru

Bagnaia finis di depan pemimpin kejuaraan Martin setelah penampilan gemilang, dengan tempat podium ketiga diambil Maverick Vinales.

Kekacauan terjadi di lap terakhir ketika kecelakaan buruk Aleix Espargaro mengibarkan bendera kuning di Sektor 2, saat Bagnaia melewati garis finis untuk kemenangannya.

"Pertama-tama ini luar biasa. Selalu luar biasa menang di sini, ini fantastis. Ini baru Sabtu tapi kami sangat senang dengan pole position dan kemenangan Sprint jadi saya menantikan besok," ujar Bagnaia.

Baca juga : Marc Marquez Akui Banyak Belajar dari Francesco Bagnaia pada Musim Ini

"Saat kamu menang Sprint, itu tidak terlalu berarti dalam hal kejuaraan tapi dalam hal kepercayaan diri itu sangat besar."

"Saya sangat senang dengan semuanya hari ini - pole position, kecepatan pagi ini luar biasa, sekarang dalam Sprint kecepatan luar biasa jadi saya sangat senang dengan semuanya.

"Awal musim saya kesulitan menemukan perasaan ini dan dalam lima akhir pekan terakhir kami mengalami banyak peningkatan, saya mulai merasa lebih baik dan sekarang perasaan saya pada motor sangat luar biasa."

Baca juga : Francesco Bagnaia Bertekad Tambah Rekor Kemenangan di GP Belanda

Martin mengklaim kesulitan dengan bannya sepanjang Sprint GP Belanda, gagal menantang juara dunia Italia di Assen.

Pembalap Spanyol itu berkata: "Saya mencoba mengikutinya tapi saya sangat kesulitan dengan ban depan keras, perasaannya tidak bagus."

Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) memulai balapan dengan sempurna setelah meluncur cepat dari garis start untuk memimpin menuju Tikungan 1, mengalahkan Martin (Prima Pramac Racing) yang kesulitan dengan bannya.

Baca juga : Ducati segera Umumkan Pendamping Bagnaia untuk Musim Depan

Setelah memulai dari posisi ketiga, Maverick Vinales (Aprilia Racing) mempertahankan posisi ketiganya di podium meskipun mendapat serangan dari Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP).

Pertarungan terjadi di belakang untuk tempat keempat saat Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dengan cepat naik dari posisi kesembilan ke kelima.

Pembalap Afrika Selatan itu memulai Sprint dengan luar biasa, melompati Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) pada awal balapan.

Martin awalnya mengikuti dekat di belakang juara dunia bertahan tapi dengan cepat mulai kesulitan dengan bannya pada motor Prima Pramac Racing.

Sementara itu, Marc Marquez (Gresini Racing MotoGP) mengalami kecelakaan yang tidak menguntungkan yang segera membuatnya keluar dari balapan dengan kehilangan poin penting.

Marquez memulai dengan baik tapi terlalu dalam di Tikungan 2 pada Lap 2, melompat pada trotoar yang licin dan kehilangan kendali atas motor Gresini-nya.

Pada Lap 3, tiga pembalap teratas mulai menjauh dari yang lain sementara pemimpin balapan meletakkan 1.045 detik di depan pemimpin kejuaraan Martin.
Saat balapan berlanjut, Bagnaia memperpanjang dominasinya dengan menjauh 1.5 detik dari Martin yang diikuti oleh Vinales.

Peringatan batas trek tidak menghentikan pembalap Italia tersebut yang terus mencatatkan lap tercepat sepanjang balapan, sementara Alex Rins terjatuh di tikungan kiri pada Turn 5 Lap 8.

Dengan tiga lap tersisa, pertarungan untuk tempat keempat semakin seru saat Alex Marquez mendapat penalti yang pada akhirnya memberi Binder posisi dan poin.
Bagnaia memulai balapan besok dari pole position lagi, berharap untuk meraih kemenangan ganda dan mengambil poin penting untuk menutup jarak dengan Martin yang memimpin kejuaraan.

Setelah memulai dan menyelesaikan Sprint GP Belanda di tempat ketiga, Vinales gagal menantang Bagnaia dan Martin di depan. Jarak perlahan meningkat menjadi 1.5 detik pada lap terakhir saat kedua pemimpin kejuaraan melesat ke depan.

"Saya tidak senang karena saya berharap bisa bertarung dengan mereka di depan. Saya mencoba mempertahankan mereka tapi pada akhirnya ritme saya sedikit lambat. Saya mendorong melampaui batas, tapi besok penting untuk mencoba dan bertarung untuk kemenangan," kata Vinales. (Eurosport/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat