visitaaponce.com

Kendaraan Fuel Cell Honda Siap Diproduksi di AS 2024

HONDA mengumumkan rencana memproduksi Hydrogen Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) atau kendaraan listrik berbasis bahan bakar hidrogen pada 2024 di Amerika Serikat (AS). Honda juga telah menunjuk pusat pengembangan serta pabrik FCEV di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio, Amerika Serikat. 

Model mobil Honda pertama yang akan menggunakan teknologi ini adalah Honda CR-V, dimana teknologi ini sejalan dengan tujuan Honda untuk zero emission pada tahun 2050. Model ini dipilih karena memiliki peran penting dalam strategi elektrifikasi Honda di Amerika Serikat. 

Honda CR-V generasi keenam menjadi SUV terlaris sekaligus menjadi model favorit konsumen dikarenakan mobil ini mempunyai desain eksterior yang tangguh serta desain interiornya yang sporty dan modern. Honda CR-V memiliki mesin yang bertenaga dan nyaman serta mempunyai ruang penyimpanan yang lapang.

Teknologi FCEV menggunakan bahan bakar hidrogen bertekanan tinggi yang disimpan pada tangki khusus. Hidrogen dari tangki kemudian dialirkan ke dalam fuel cell bersama dengan oksigen yang diambil dari udara. Proses ini menimbulkan reaksi kimia yang menghasilkan energi listrik.  

Listrik inilah yang digunakan sebagai tenaga penggerak motor listrik yang akan dimanfaatkan sebagai penggerak kendaraan. Adapun sisa yang dihasilkan dalam proses tersebut tidak melepaskan zat CO2 maupun emisi berbahaya lainnya, selain air murni (H2O) sehingga tidak mencemari lingkungan. 

"Honda menetapkan tujuan untuk mewujudkan netralitas karbon pada tahun 2050 dimana pada tahun 2040 kami berkeinginan untuk memiliki lini kendaraan bermotor listrik yang lengkap. Maka dari itu, kami mempercepat rencana kami untuk memproduksi baterai kendaraan listrik Honda di Amerika Serikat," ungkap Vice President of Auto Planning & Strategy for American Honda Motor Co Inc Gary Robinson di California, Rabu (4/1). (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat