visitaaponce.com

BYD Buka Pabrik Produksi di Subang Jawa Barat

BYD Buka Pabrik Produksi di Subang Jawa Barat
BYD buka pabrik di Subang, Jawa Barat(AFP)

PRODUSEN mobil listrik asal Tiongkok BYD membuka pabrik di Indonesia yang berlokasi di kota mandiri Subang Smartpolitan. BYD disebut menjadi tenant terbesar di Subang Smartpolitan dengan menempati area lebih dari 108 hektare.

Hal itu menandai pencapaian monumental bagi Subang Smartpolitan, terutama dalam penjualan lahan industri.

“Kami sangat senang menyambut BYD di Subang Smartpolitan. Kehadiran BYD di Subang Smartpolitan merupakan bukti nyata daya tarik kawasan kami sebagai pusat industri terdepan, khususnya dalam sektor otomotif,” ungkap VP Sales, Marketing & Tenant Relations Subang Smartpolitan Abednego Purnomo dalam keterangannya, pekan lalu.

Baca juga : GAC Aion Gandeng Indomobil Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia

Investasi besar BYD di Subang Smartpolitan diprediksi akan menjadi katalis pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Indonesia. Pabrik EV ini tidak hanya akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru, tetapi juga meningkatkan transfer teknologi dan keahlian di bidang manufaktur EV.

Abednego menyebut pihaknya optimistis kehadiran BYD akan menarik investasi lebih lanjut ke Indonesia dan membuka gerbang bagi lebih banyak perusahaan global untuk mendirikan basis manufaktur mereka di kawasan tersebut.

Ia menyampaikan bahwa saat ini Subang Smartpolitan sedang menangani banyak inquiry dari industri EV dan sebagian besar berasal dari negara Tiongkok.

Baca juga : Sekilas Sejarah BYD, Berawal dari Produsen Baterai 

BYD berencana membangun ekosistem EV yang komprehensif di Subang Smartpolitan, termasuk pusat penelitian dan pengembangan serta fasilitas pelatihan yang dilengkapi dengan teknologi terkini yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Serah terima lahan antara Subang Smartpolitan dan BYD akan dilakukan pada Agustus 2024. BYD berencana melakukan operasi konstruksi bertahap dan diharapkan mulai beroperasi pada Januari 2026.

“Melalui berbagai penilaian, BYD telah menetapkan bahwa kawasan industri Subang Smartpolitan cocok menjadi lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao. Menurutnya, kawasan industri ini memenuhi kriteria dari segi ukuran, jarak, lingkungan, dan kebutuhan infrastruktur.

BYD akan mendirikan pabriknya di area Fase 2 Subang Smartpolitan, tepatnya di bagian utara kawasan. Lokasi strategis ini akan memudahkan akses ke dan dari pabrik, dengan pintu keluar tol utama dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89 menuju Subang Smartpolitan yang akan segera hadir. (Z-8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat