visitaaponce.com

Toyota Perluas Jaringan Charging Station di Banyak Lokasi Strategis Dukung Mobilitas Pengguna BEV dan PHEV Toyota

PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menambah fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot kini di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan, Senin (8/7). Fasilitas ini menambah jumlah total Ultra Fast Charging spot Toyota menjadi 4 titik. Sebelumnya, fasilitas serupa telah hadir di beberapa area publik dengan lokasi strategis yaitu di ASHTA Mall Jakarta, Rest Area KM 456A, dan Rest Area KM 695A. 

Selain di area publik tersebut, ada juga 111 dealer dengan charging spot termasuk 3 yang menggunakan Ultra Fast Charger di cabang Toyota wilayah Semarang, Yogyakarta, dan Banda Aceh. 

Dengan total 115 titik di dealer dan area publik, fasilitas charging spot Toyota yang semakin lengkap dan terhubung di berbagai lokasi pilihan yang strategis, dimaksudkan agar masyarakat pengguna Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota dapat berkendara tanpa khawatir daya baterai habis di jalan. 

Baca juga : Mengantisipasi Bahaya Laten Kebakaran pada Kendaraan Listrik

“Charging spot dibangun supaya pelanggan BEV dan PHEV Toyota serta Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety atau rasa khawatir daya baterai habis sebelum mencapai tujuan. Fasilitas charging spot di dealer resmi Toyota berusaha meng-cover pelanggan di wilayah perkotaan, ditambah fasilitas serupa di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa untuk mobilitas antar kota, bersama Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di mal besar di Jakarta untuk melayani area lifestyle. TAM akan terus menghadirkan fasilitas charging spot di berbagai lokasi strategis untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan kendaraan elektrifikasi kami,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Menjalankan Multi Pathway Strategy, PT TAM menghadirkan opsi lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dalam upaya menuju netralitas karbon. Karena itu, PT TAM juga menyediakan fasilitas charging spot di berbagai lokasi ramai lalu lintas sebagai pendukung mobilitas BEV dan PHEV Toyota untuk memberikan peace of mind.

Lokasi jaringan dealer resmi Toyota yang berada di lokasi strategis di sebuah kota memudahkan pelanggan mengakses fasilitas charging spot gratis tanpa biaya. Saat ini, charging spot di outlet resmi Toyota sudah terdapat di 111 titik di berbagai wilayah dengan perincian 16 titik di Pulau Sumatera, 85 titik di Pulau Jawa, 1 titik di Pulau Kalimantan, 7 titik di Pulau Sulawesi, dan 2 titik di Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Jumlah tersebut sudah mencakup 34% dari total 329 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia. 

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Operasikan 25 Battery Swapping Station Bagi Masyarakat

Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW, sementara DC Ultra Fast Charging (UFC) berdaya 120 kW tersedia di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul Yogyakarta, Nasmoco Majapahit Semarang, dan 150kW di Dunia Barusa, Banda Aceh. Rencananya, Toyota akan terus menambah fasilitas charging spot di banyak area lain, mengingat antusiasme masyarakat yang kian meningkat seiring semakin populernya xEV Toyota.

Untuk menunjang mobilitas antar kota pelanggan serta menambah daya jelajah BEV dan PHEV lebih jauh lagi lagi, Toyota mengoperasikan UFC di Rest Area KM 456A Salatiga-Surabaya berkolaborasi dengan PLN dan Rest Area KM 695A Jombang-Surabaya Jalan Tol Trans Jawa. Fasilitas yang disediakan berupa 1 unit Ultra Fast Charging yang dilengkapi 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Toyota.

Charging Spot dan Privilege Parking Spot di Gandaria City Mal 
Sebagian besar mobilitas pengguna kendaraan elektrifikasi adalah di seputaran wilayah perkotaan. Setelah menyediakan fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal Jakarta, PT TAM menghadirkan fasilitas serupa di Gandaria City Mal Jakarta. Pemilihan mal tersebut karena adanya persamaan visi dengan Toyota yakni fokus pada lingkungan dan berada di pusat keramaian.

Baca juga : PLN Gandeng Empat Perusahaan untuk Bangun Charging Station Kendaraan Listrik

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota serta Lexus. Dengan 4 spot charging di Gandaria City Mal, tersedia 1 unit UFC 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22 kW)) dan 1 unit AC Charger Type 2 22 kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan shoping atau hangout di mal. 

Selain itu, terdiri atas 3 titik parkir, Privilege Parking Spot merupakan area parkir dedicated yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota dan Lexus. Pelanggan Toyota tidak perlu repot urusan flow kendaraan yang parkir dan proses isi ulang baterai karena ada petugas yang siap membantu sepanjang jam kerja mal.

“Berikan Total Mobility Solution, TAM berkomitmen membangun Toyota xEV Ecosystem berupa charging spot yang tersebar luas, mulai dari outlet Toyota di berbagai lokasi strategis perkotaan, pusat perbelanjaan besar sebagai spot lifestyle, hingga rest area jalan tol untuk menunjang mobilitas jarak jauh. Charging spot ini memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV dan PHEV Toyota serta Lexus sekaligus mendukung mobilitas pelanggan hingga ke berbagai wilayah, sehingga lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide. (RO/S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat