visitaaponce.com

Ini Pengertian Adil Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ini Pengertian Adil Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia 
Ilustrasi keadilan(Freepik)

KEADILAN perlu diterapkan di semua lingkungan, mulai dari keluarga di rumah hingga di tengah-tengah masyarakat. Dan untuk menerapkannya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian adil itu sendiri. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, adil adalah sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar dan tidak sewenang-wenang. 

Secara terminologis, adil mengandung makna suatu sikap yang bebas dari ketidakjujuran dan diskriminasi. 

Ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh jika kita menerapkan keadilan di dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mencegah terjadinya perpecahan antar suatu kaum, memudahkan segala urusan, dan mengurangi kecemburuan sosial. 

Baca juga : Ditemui Kepala BNPT, MUI: Pesantren Antiterorisme!

Jika Anda sudah memahami pengertian dan manfaat dari berlaku adil, Anda juga perlu mengetahui contohnya. Dengan begitu, Anda bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Perilaku adil dapat dilakukan dengan menjalin hubungan baik dengan semua orang tanpa membedakan ras, suku, agama dan golongan. Jika Anda dari Jawa, makan jalinlah hubungan baik dengan orang-orang yang berasal dari Batak dan lainnya. Dan jangan lupa, Anda juga harus memperlakukan mereka dengan adil. 

Contoh perilaku adil lainnya, yaitu memberikan penghargaan kepada setiap orang yang telah berjasa dalam berbagai hal dan menjatuhi hukuman kepada pihak mana pun yang melakukan pelanggaran hukum. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat