visitaaponce.com

Jokowi Tinjau Kebun Jeruk Liang Melas Datas di Karo

Jokowi Tinjau Kebun Jeruk Liang Melas Datas di Karo
Ilustrasi(Antara/Wahdi Septiawan)

Presiden Joko Widodo meninjau kampung jeruk Liang Melas Datas, di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Jumat (4/2). Presiden Jokowi datang ke Kampung Jeruk untuk meninjau langsung perbaikan infrastruktur jalan yang rusak dan melihat potensi pertanian jeruk di daerah itu.

Saat melihat hasil produksi jeruk di Liang Melas Datas, Presiden sempat menelepon Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Presiden meminta dua hal yakni pendampingan bagi para petani dan pupuk.

"Saya dari Toba mampir sini untuk melihat jalan. Saya melihat hasil produksi di Karo ini mungkin butuh pendampingan kecil untuk menaikkan kualitas produksi, yang pertama. Kemudian yang kedua urusan pupuk ini lebih bagus kalau di sini organik," ucap Presiden kepada Menteri Pertanian.

Presiden menilai kawasan pertanian jeruk di Kabupaten Karo memiliki potensi yang sangat besar. Namun, masih perlu perbaikan-perbaikan di sejumlah hal mulai dari struktur biaya hingga penjenamaan.

"Memang perlu perbaikan-perbaikan, pertama untuk memperbaiki struktur biaya, kedua untuk memperbaiki kualitas, kemudian yang ketiga buat kemasan dan branding yang lebih baik. Saya kira kalau tiga itu dikerjakan ini jeruknya akan bagus sekali," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi sebelumnya pada 6 Desember 2021 lalu menerima enam perwakilan warga Liang Melas Datas di Istana Merdeka, Jakarta. Mereka menyampaikan aspirasi terkait infrastruktur di daerahnya. Mereka turut membawa satu truk berisi jeruk sebanyak tiga ton sebagai oleh-oleh untuk Presiden.

Kabupaten Karo sendiri diketahui merupakan salah satu sentra produksi komoditas jeruk. Selain dipasarkan di dalam negeri ke berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan beberapa kota lainnya, jeruk dari Kabupaten Karo juga telah merambah pasar luar negeri yakni Malaysia dan Singapura. (OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat