visitaaponce.com

PM Papua Nugini Indonesia Selalu ada untuk Kami

PM Papua Nugini: Indonesia Selalu ada untuk Kami
PM Papua Nugini James Marape.(AFP)

PERDANA Menteri Papua Nugini James Marape menyebut Indonesia sebagai negara yang sangat penting.

Sejak relasi diplomatik resmi terjalin pada 1976, Indonesia selalu ada dan siap siaga membantu Papua Nugini.

Baca juga: PDI Perjuangan Minta Kades tidak Berpolitik Praktis

"Indonesia selalu ada ketika bangsa kami mengalami kesulitan. Saat krisis ekonomi, tekanan keuangan dan sekarang pandemi covid-19, pertolongan Indonesia selalu sampai ke negara kami," ujar Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (31/3).

Karena hal itu pula, ia menganggap hubungan antara Papua Nugini dan Indonesia tidak hanya sekedar sahabat tetapi lebih seperti saudara.

Ikatan antara kedua negara, sebutnya, sudah ditakdirkan oleh Tuhan dan itu menjadi sebuah berkah bagi masyarakat Papua Nugini.

"Bagi kami, hubungan Papua Nugini dan Indonesia tidak bisa kami tolak. Kita di sini bukan hanya sekedar teman tapi lebih penting dari itu, kita adalah saudara," tuturnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menginisiasi pertemuan bilateral kali ini. Menurutnya, kesempatan tersebut menjadi sebuah momentum bagi kedua negara untuk menyusun berbagai langkah kerja sama ke depan.

Sebagai balas budi, Papua Nugini pun mengundang Presiden Jokowi beserta istri dan jajarannya bertandang ke Port Moresby tahun depan.

"Jadi kita akan punya pertemuan tahunan. Kita bisa melakukan pertukaran pandangan. Saya tidak sabar untuk pertemuan nanti dan melihat bagaimana progres kerja sama kita berjalan," tandasnya.  (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat