visitaaponce.com

Ramos-Horta Kenang Pernah Naik Becak di Jakarta

Ramos-Horta Kenang Pernah Naik Becak di Jakarta
Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta (kiri) bertemu dengan Presiden Joko Widodo(ANTARA/Hafidz Mubarak A)

PRESIDEN Republik Demokratik Timor Leste Jose Manuel Ramos-Horta mengenang kunjungannya ke Indonesia pertama kali pada 1974. Dia datang ke Jakarta dan berkeliling kota menggunakan becak, transportasi roda tiga di ibu kota kala itu.

Hal itu dia ungkapkan sebagai sambutan pembuka di depan Presiden RI Joko Widodo beserta delegasi yang hadir dari masing-masing negara di Ruang Oval, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7).

Kedua pemimpin dan delegasi tengah melangsungkan pertemuan bilateral sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kenegaraan Presiden Jose Ramos-Horta ke Indonesia.

Baca juga: Jokowi Terima Kunjungan Presiden Timor Leste di Istana Bogor

"Saya sudah ke Indonesia dalam beberapa kesempatan. Yang pertama pada 1974. Saat itu hanya tiga hotel besar di Indonesia: Hotel Indonesia, Kartika Plaza, dan Kartika Chandra," kata Presiden Jose Ramos-Horta dalam sambutan pertemuan bilateral seperti ditayangkan dalam siaran virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/7).

Namun, Presiden Ramos-Horta mengakui dirinya tidak menginap di salah satu dari ketiga hotel besar itu. Alih-alih dia bermalam di sebuah losmen.

"Saya tidak menginap di ketiga hotel itu. Saya menginap di tempat semacam losmen. Terkadang saya berkeliling di Jakarta dengan becak," imbuhnya.

Ia berteman baik dengan Gubernur NTT periode 1966-1978 Mayjen TNI Anumerta Elias Tari atau El Tari.

Presiden Ramos-Horta juga mengaku sebagai penggemar presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, yang ia sebut dengan Bung Karno.

"Beberapa buku yang saya baca tentang Indonesia ditulis oleh Bung Karno. Saya penggemar berat Bung Karno," kata dia. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat