visitaaponce.com

Rachmat Gobel Ajak Parlemen Turki Dorong Kerja Sama Teknologi

Rachmat Gobel Ajak Parlemen Turki Dorong Kerja Sama Teknologi
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel (kanan) saat menerima delegasi parlemen Turki.(MI/HO)

WAKIL Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel mengajak parlemen Turki untuk mendorong Indonesia dan Turki untuk melakukan kerja sama di bidang teknologi

“Saya sudah beberapa kali berkunjung ke Turki dan juga menghadiri pameran teknologi Technofest di Turki. Saya menyaksikan sendiri kemampuan Turki di bidang teknologi. Karena itu penting sekali kedua negara menjalin kerja sama di bidang teknologi,” kata Gobel, Jumat (17/5).

Hal itu disampaikan Gobel saat menerima delegasi parlemen Turki yang berkunjung ke Indonesia. 

Baca juga : Kunjungi Hungaria dan Turki, Gobel: Saatnya Indonesia Kuasai Teknologi Pengolah Air Laut

Dalam pertemuan itu, Gobel didampingi anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan. Sedangkan delegasi Turki dipimpin Osman Saglam. Ia didampingi Murat Cahid Cingi dan Muzeyyen Sevkin. Hadir pula Duta Besar Turki untuk Indonesia Prof Talip Kucukcan.

Osman Saglam mengatakan bukti kemajuan teknologi Turki adalah produsen alat-alat rumah tangga bermerk Beco yang merupakan produsen terbesar di Eropa dan nomor dua di dunia. Beco memproduksi peralatan seperti microwave dan mesin cuci. 

Industri elektronika Turki juga sudah mulai menguasai Eropa. Selain itu, Turki juga sudah mampu memproduksi pesawat tempur dan kapal perang sendiri. 

Baca juga : Gobel Kunjungi Industri Pengolahan Air Laut di Hungaria dan Turki

“Kandungan lokal industri di Turki harus mencapai minimal 80%, termasuk untuk mesinnya,” katanya. 

Sebagai perbandingan, ketentuan kandungan lokal di Indonesia, yang disebut dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), baru berada di angka minimal 40%.

Gobel mengatakan Turki tidak membeli teknologi dari negara lain tapi membangun sendiri kemampuannya dalam menguasai teknologi. Hal ini, katanya, patut dipelajari Indonesia dan dibagi strateginya agar Indonesia juga memiliki kemandirian di bidang teknologi. 

Baca juga : Rachmat Gobel Ungkap Kerugian bila Indonesia Gemar Impor

“Mereka selalu mengklaim bahwa dari segi harga bisa lebih rendah dari Tiongkok tapi dari segi kualitas bisa lebih tinggi dari kualitas teknologi negara-negara di Asia. Mereka selalu menyatakan bahwa standar teknologinya mengikuti standar Uni Eropa. Tentu ini patut kita dalami,” katanya.

Saat menghadiri pameran teknologi Technofest, kata Gobel, Turki menjadikan anak-anak sekolah dari SD, SMP, dan SMA sudah dilibatkan secara aktif. 

“Mereka bukan hanya hadir tapi menjadi bagian dalam pameran tersebut,” katanya. 

Baca juga : Gobel: Pemerintah Harus Lebih Fokus Lindungi Industri Kain Nasional

Karena itu, katanya, selain bekerja sama di bidang teknologi, sebaiknya Turki dan Indonesia menjalin kerja sama di bidang pendidikan. 

“Selama ini kita mengenal istilah sister city, yaitu kerja sama antara satu kota dari satu negara dengan satu kota dari negara lain. Kita patut menjalin kerja sama sister school. Dengan demikian ada kerja sama antara institusi pendidikan di Indonesia dengan institusi pendidikan di Turki yang melibatkan semua komponennya. Mulai dari siswa, guru, dan juga tenaga administrasinya,” katanya.

Kerja sama antara Turki dan Indonesia ini, kata Gobel, penting untuk dilakukan karena kedua negara sama-sama beranjak dari negara berkembang. 

“Selama ini selalu antara negara berkembang dan negara yang dari awal sudah menjadi negara maju. Padahal kita butuh sharing sebagai sesama negara berkembang. Bagaimana strateginya, apa langkah-langkahnya, dan apa syarat-syaratnya,” katanya.

Tawaran itu disambut baik Osman Saglam. “Kami akan membawa usulan ini di parlemen untuk dibahas untuk kemudian didorong ke pemerintah.” 

Gobel mengingatkan bahwa hubungan kedua negara jangan hanya menekankan aspek politik dan bisnis saja tapi juga harus menyentuh di level terdalam yaitu hubungan people to people dan heart to heart. 

“Ini akan lebih langgeng dan berjangka panjang,” pungkas Gobel. (RO/Z-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat