visitaaponce.com

Pemerintah Dinilai Perlu Berikan Penjelasan Dugaan Kebocoran Data

Pemerintah Dinilai Perlu Berikan Penjelasan Dugaan Kebocoran Data
Ilustrasi: peretas(dok.medcom )

KEBENARAN dugaan peretasan surat dan dokumen presiden oleh Bjorka di forum Breached harus dapat dipastikan kembali pemerintah sekaligus melakukan tindakan tegas dalam melakukan perlindungan data agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Pernyataan ini disampaikan anggota Komisi I DPR Rizki Natakusumah saat dihubungi, Minggu (11/9).

"Sangat disayangkan peretasan data pribadi seolah sudah menjadi biasa dan jadi konsumsi masyarakat sehari- hari. Ini masalah serius apalagi menyangkut kepentingan negara," ucapnya. 

Baca juga: Terkait Dugaan Pelanggaran, Bawaslu Segera Tentukan Nasib 6 Partai

Saat ini pemerintah diharapkan bekerja cepat bersama berbagai pihak yang memiliki kewenangan untuk memastikan perlindungan dari tindak peretasan. 

"Kami berharap pemerintah bisa berjibaku antara Kemenkominfo, BSSN dan lainnya. Dan ini sudah sensitif tentu badan intelejen negara harus punya peranan penting," cetusnya. 

Selain itu riuhnya publik dalam menanggapi dugaan kebocoran tersebut patut disikapi oleh pemerintah dengan membuka klarifikasi kepada publik. Publik sambungnya berhak tahu permasalahan gang ada serta menerangkan pihak yang paking bertanggung jawab. 

"Saya berharap pemerintah bisa beri klarifikasi dan meluruskan ketidakjelasan soal kebocoran data maupun peretasan, siapa yang bertanggung jawab. Jangan terkesan saling lempar tanggung jawab," tukasnya. 

Peretasan dokumen presiden tersebar di media sosial. Tidak sedikit publik di media sosial percaya data tersebut benar dan berharap bisa membuka data naskah Supersemar. Namun cukup banyak yang memertanyakan kebenaran data tersebut. (OL-6).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat