visitaaponce.com

2 Anggota KKB Ditangkap Pasca Baku Tembak dengan TNI-Polri

2 Anggota KKB Ditangkap Pasca Baku Tembak dengan TNI-Polri
Kombes Pol Faizal Ramdhani(Ist)

SEBANYAK dua orang diduga anggota kkelompok kriminal bersenjata (KKB) ditangkap. Penangkapan dilakukan pasca baku tembak dengan TNI-Polri, tim Operasi Damai Cartenz di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, Papua pada Senin (29/5).

"Saat itu, kita melakukan penyisiran mengamankan dua orang," kata Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/6)

Keduanya berinisial AK dan DB. Faizal mengatakan hasil interogasi AK, diketahui merupakan pelaku kejadian di Nogolait pada 16 Juli 2022.

Baca juga: Anggota KKB yang Terlibat Berbagai Aksi Kriminal Ditangkap

"Yang mana pada saat itu masyarakat ada 11 korban meninggal dunia yang dilakukan oleh kelompok Egianus. Kemudian, dalam hal ini (kontak tembak) dia mengakui dan dia memang terlibat," ujar Faizal.

Faizal menambahkan sesuai keterangan AK dan DB, mereka ikut bersama Yotam Bugiange saat kontak tembak terjadi. Kemudian, Satgas Operasi Damai Cartenz dan TNI melakukan tembakan balasan.

Baca juga: Polisi Tangkap Terduga Pemimpin KKB

"Sehingga mengakibatkan pihak KKB berinisial RK terkena tembakan di paha kiri, dan PG terkena tembakan pada perut dan diduga meninggal dunia. Juga kejadian tersebut pada saat itu mereka yang melakukan pembunuhan terhadap salah satu korban atas nama GS," ungkap Faizal.

Faizal menyebut kontak senjata itu terjadi saat tim Damai Cartenz dan juga TNI dari Batalyon 514 melakukan kegiatan patroli. Mereka diganggu oleh kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya melalui Yotam Bugiange.

Dia memastikan situasi di Nduga saat ini secara umum aman dan kondusif. Bandara Kenyam juga dipastikan beroperasi seperti biasa. Sebagian besar masyarakat di wilayah kontak tembak juga sudah berada di Kota Kenyam untuk mengamankan diri dari gangguan KKB.



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat