visitaaponce.com

Kunker ke Tiongkok, Presiden Jokowi Bawa Oleh-oleh Investasi Capai USD11,5 Miliar

Kunker ke Tiongkok, Presiden Jokowi Bawa Oleh-oleh Investasi Capai USD11,5 Miliar
Presiden Jokowi dan Presiden RRT Xi JinpIng saat kunjungan ke Tiongkok.(Sekretariat Presiden)

MENTERI Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah Indonesia telah melakukan nota kesepakatan atau MoU dengan perusahaan Xinyi Energy Glas. Pendatangan itu disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT)

"Xinyi ini perusahaan tersebesar di dunia, pemain kaca. Market share-nya 20 persen kurang lebih sekitar 26 persen market share dari perusahaan ini," ujar Bahlil dalam keteranganya di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, (28/7).

Bahlil menyebut Xinyi akan mendirikan pabriknya di kawasan Batam, Kepulaun Riau, dan Batam, Jawa Tengah. Pabrik tersebut nantinya menjadi terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok.

Baca juga: Jokowi Ajak Sejumlah Pengusaha Tiongkok Investasi Kendaraan Listrik di RI

"Ini adalah hilirisasi yang dibangun dari pasir kuarsa dan beberapa bahan baku lainnya yang ada di Indonesia," jelasnya. 

Bahlil menyebut total investasi dari perusahan itu mencapai USD 11,5 miliar. Proyek ini merupakan pengembangan dari pembangunan pertama di Bangka Selatan.

Baca juga: Indonesia Diharapkan Mampu Ajak Tiongkok Semai Perdamaian di Laut China Selatan

"Tahun lalu sebesar 700 juta US dollar, ini pengembangan yang kedua, ini terjadi akibat karena kepercayaan penuh dari puhak investor terhadap pemeintah Indonesian di bawah pemeritnahan Pak Jokowi," bebernya.

Selain kaca, Xinyi akan memproduksi solar panel. Produk tersebut hampir 90 persen akan diekspor. 

"Nah, outputnya produknya akan dilakukan hampir 90 persen untuk ekspor, karena pasarnya adalah pasar luar negeri," bebernya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat