visitaaponce.com

Panglima TNI Kerahkan Jet Tempur dan KRI Kawal Kepulangan Delegasi KTT Asean

Panglima TNI Kerahkan Jet Tempur dan KRI Kawal Kepulangan Delegasi KTT Asean
Pesawat jet tempur F-16 bermanuver(Antara)

PANGLIMA TNI, Laksamana Yudo Margono menyatakan akan melakukan pengawalan kepada para delegasi yang mengikuti gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean bahkan sampai kepulangan.

Yudo menyebutkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan skema pengawalan bagi para delegasi yang menghadiri KTT Asean. Bahkan, pihaknya mengaku telah menyiapkan sejumlah jet tempur dan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

"(Pengamanan) Sampai delegasi pulang dan sampai H+2 dari tanggal 7 sampai tanggal 9 sehingga nanti termasuk KRI yang melakukan penyekatan di Utara Jawa dan TNI AU yang standby pesawat tempur di Halim maupun di Makasar dan nanti akan tetap stand by sampai H+2," kata Yudo di Jakarta Pusat, Kamis (7/9).

Baca juga : KTT Asia Timur Hasilkan Pernyataan Bersama. Ini Isinya

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat DKI Jakarta yang ikut terdampak karena skenario pengamanan para tamu negara VVIP KTT ASEAN yang telah dilakukan oleh TNI-Polri selama pelaksanaan forum internasional di Jakarta kemarin.

Baca juga : Jokowi bertolak ke KTT G-20 India Besok, Suarakan Kepentingan Negara Berkembang

Lebih lanjut, Yudo juga meminta maaf kepada masyarakat yang terdampak dengan adanya skema pengamanan KTT Asean.

"Dalam proses pengamanan ini mungkin banyak juga masyarakat yang terganggu karena lalu lintas, dan lain sebagainya, namun saya tentunya memohon maaf," pungkasnya.

Selanjutnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun turu menyebutkan bahwa para delegasi akan dibagi menjadi dua kloter dalam kepulangan mereka.

Para delegasi, lanjut dia, ada yang akan melakukan perjalanan pulang pada Kamis (7/9) hari ini dan Jumat (8/9) esok.

"Ada kepulangan kurang lebih ada 18 delegasi dan besok kemungkinan 11 delegasi," kata Sigit.

"Tentunya akan kita kawal kita amankan sehingga seluruh rangkaian kegiatan pengamanan KTT ini bisa berjalan dengan baik sampai dengan seluruh rangkaian ditutup oleh bapak Presiden dan seluruh delegasi kembali meninggalkan Indonesia ke negaranya masing-masing," imbuhnya.

Pada hari terakhir perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/9), ada empat agenda utama yang akan dilangsungkan.

Empat agenda itu adalah KTT ASEAN-India, East Asia Summit, KTT ASEAN-Australia, dan KTT ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Masih ada empat KTT, yaitu KTT ASEAN dengan India, EAS, KTT ASEAN dengan Australia, dan ASEAN dengan PBB," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di JCC, Jakarta, Rabu (6/9). (Z-8).

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat